Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh. Lakukan ini dijamin Data Penting Tetap Aman!

 

cara mengatasi memori hp penuh

BOODS.ID - Saat ini gawai bukan lagi gaya hidup, tapi sudah bagian dari daripada kehidupan yang tidak bisa dipisahkan. Coba deh, kamu menjalani hidup tanpa memegang HP seharian, pasti kamu akan merasa bahwa ada sesuatu yang kurang kan?

Nah, itulah tandanya bahwa kamu sudah ketergantungan dengan gadget atau gawai. Pada dasarnya, ketergantungan pada gawai merupakan hal yang seharusnya kita hindari. Tapi bagi sebagian orang yang penghasil "cuan" datang dari HP, maka itu bukanlah sebuah ketergantungan yang negatif, karena memang pekerjaannnya selalu dengan hape. Misalnya, konten kreator, pedagang online, atau pekerjaan lainnya yang tidak bisa lepas dari handphone.

Bagi orang yang selalu berkutat dengan hape, pasti akan mengalami yang namanya memori penuh, baik memori HP atau memori tambahan (kartu memori). Memori internal yang yang memiliki kapasitas penyimpanan internal dibawah 128GB biasanya yang paling terdampak. Jika memori internal di hape kita penuh maka performa hp kita juga akan menurun, untuk itulah kita perlu paham cara agar ruang memori internal HP kita tetap tersedia untuk kelancaran aktivitas. 

Biasanya memori yang penuh ruangnya di hape kita akan ada notifikasi "memori penuh, kosongkan ruang" di jendela pop up handphone kita. Dari permasalahan itu, apakah kamu tahu cara mengatasi ruang memori HP yang penuh tersebut?

Nah, jika sebelumnya membahas cara mengatasi kartu memori rusak tidak terbaca, dalam artikel ini akan dibahas cara mengatasi memori HP yang penuh tapi data yang tersimpan tetap aman. Simak penjelasan tips dan trik mengosongkan ruang memori HP penuh berikut ini hingga akhir.


Cara Mengosongkan Ruang di Memori Handphone tanpa Menghilangkan Data Penting

Gak perlu panjang lebar, semua orang pasti paham akibat dari memori HP yang penuh. Jadi langsung ke pembahasan, disini akan dibahas cara-cara mengosongkan memori HP tanpa kehilangan berkas-berkas penting.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang bertanya, apakah menggunakan pembersih sampah bawaan HP dapat mengosongkan ruang penyimpanan? Jawabannya tidak sama sekali. Aplikasi pembersih sampah tidak benar-benar dapat membersihkan sampah seperti cache ataupun berkas sisa lainnya yang ada di hp. Cara satu-satunya untuk membersihkan cache adalah dengan cara manual yaitu membersihkan satu persatu. Kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini untuk membebaskan ruang penyimpanan hanphone kamu.

Hapus Cache yang ada pada Handphone

Cache adalah sampah dari aktivitas kita selama menggunakan hape. Bahasa mudahnya, cache ini adalah kotoran yang menempel di telapak kaki kita selama kita berjalan. Kotoran ini tidak akan hilang dari kaki kita selama kita tidak mencuci atau membersihkannya.

Nah, Cache di hape ini layaknya kotoran pada kaki, tidak bisa hilang dengan sendirinya jika kita tidak membersihkan atau membuangnya. Maka dari itu hal yang harus kita lakukan adalah membuang cache atau sampah itu dari memori hp kita. Terus bagaimana cara menghapus cache di hp?

Ada beberapa cara untuk mengosongkan ruang di memori hp kita. Kamu bisa lakukan cara berikut ini untuk menghapus atau membersihkan cache atau sampah dari handphone kita.

1. Gunakan Pengaturan / Setting di Hape.

Buka "Pengaturan", kemudian pilih "Aplikasi", pilih lagi "Kelola Aplikasi".

Langkah diatas akan berbeda di setiap merk handphone, kamu bisa menyesuaikan dengan hape yang kamu punya.

Setelah itu kamu bisa pilih aplikasi-aplikasi yang terinstal di hape kamu untuk hapus cache. Biasanya, aplikasi yang paling banyak cache di hape adalah Instagram, YouTube, TikTok, Browser dan aplikasi lainnya yang paling sering kamu gunakan.

Setelah kita klik aplikasi tersebut maka akan menampilkan besaran memori yang dipakai oleh aplikasi. Disitu ada ukuran file aplikasi, data pengguna, dan cache sampah. Langkah berikutnya klik tombol hapus data dan pilih "hapus cache". Jangan pernah klik "hapus semua data" jika kamu tidak ingin kehilangan semua data yang tersimpan di aplikasi.

Ulangi langkah-langkah tadi ke semua aplikasi yang terinstall di hape kamu sampai tidak ada lagi cache.

2. Gunakan file manajer untuk mengosongkan ruang.

Cara kedua ini bisa kamu lakukan dengan cara buka "File Manager" di hape kamu, kemudian pilih "Folder" lanjut pilih "Memori Internal".

Setelah itu layar akan menampilkan penggunaan ruang di memori internal. Pos-pos yang paling banyak menggunakan memori akan terlihat, seperti Sistem, Berkas Sistem, Foto, Video, Dokumen, Aplikasi dan sebagainya.

Untuk menghapus chache, kamu pilih "aplikasi dan data". Kemudian pilih satu persatu aplikasi yang akan kamu hapus sampahnya. Setelah itu, pilih saja perintah "hapus cache" yang tersedia pada layar.


Hapus Semua Data pada Aplikasi

Langkah ini sama dengan cara menghapus cache seperti diatas, hanya saja yang terhapus adalah semua data yang tersimpan di aplikasi tersebut. Bukan hanya cache saja yang terhapus tapi keseluruhan data yang tersimpan di aplikasi akan hilang.

Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk mengosongkan ruang memori di bandingkan dengan hanya menghapus cache saja, karena cache akan mudah kembali memenuhi ruang memori saat kita menggunakan aplikasinya.

Terus bagaimana cara menghapus semua data di aplikasi tapi file penting kita tidak hilang?

Untuk menghindari kehilangan data atau berkas penting, maka kamu pilih beberapa aplikasi yang sekiranya tidak menyimpan berkas-berkas penting, seperti Instagram, YouTube, TikTok, Shopee, Tokopedia, dan lainnya. Hindari melakukan "hapus semua data" di aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, Email, atau aplikasi perpesanan lainnya yang sekiranya memuat berkas-berkas penting.

Apa yang terjadi jika klik "hapus semua data" di aplikasi? Semua data akan hilang, seperti riwayat chat, termasuk berkas yang dikirim melalui chat juga ada kemungkinan ikut terhapus permanen. Selain itu, sebelum kamu menghapus semua data di aplikasi, pastikan kamu masih memiliki akses masuk / login di aplikasi tersebut. Karena, setelah kamu klik "hapus semua data", maka aplikasi akan menghapus semua data termasuk data login.

Untuk kamu yang merupakan konten kreator YouTube, Instagram, TikTok, atau aplikasi lainnya, pastikan bahwa di aplikasimu sudah tidak ada "Draft" video reels / video tiktok yang akan kamu posting. Karena saat kamu klik "hapus semua data", maka semua draft dan video reels/VT yang kamu simpan/download di aplikasi akan terhapus.

Tapi tenang saja, video reels dan VT yang sudah berhasil kamu posting di Instagram maupun TikTok akan tetap aman meskipun kamu hapus semua datanya, karena video yang berhasil kamu posting sudah tersimpan di database aplikasinya bukan lagi menggunakan ruang penyimpanan di hape kamu.


Tinjau Kembali Draft Video di Media Sosial

Hapus "Draft" Video Reels IG dan Video Tiktok yang menurut kamu tidak penting dan tidak akan kamu posting kedepannya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ruang penyimpanan, karena semakin banyak draft yang kamu simpan maka semakin banyak pula ruang penyimpanan hp yang terpakai.


Pindahkan File Besar ke Kartu Memori.

Untuk menghemat ruang memori internal hape, maka pindahan semua data seperti foto, video, dokumen, dll ke kartu memori.

Untuk memindahkan data dari hape kamu bisa gunakan file manager di hape kamu, atau kamu bisa gunakan bantuan komputer.


Hapus Cache TikTok dari Aplikasinya Langsung 

Langkah ini fungsinya sama dengan menghapus cache di langkah pertama, hanya saja cara ini khusus digunakan untuk aplikasi TikTok.

Di aplikasi TikTok ada fitur hapus cache dengan mudah tanpa kamu harus login lagi ke aplikasi. Menghapus cache dengan cara ini cukup manjur, karena data cache yang ada di pengaturan aplikasi berbeda dengan chache yang ada pada aplikasinya langsung.

cara hapus cache aplikasi tiktok

Cara menghapus cache TikTok dari aplikasi.

Pertama, buka aplikasi TikTok, kemudian masuk ke menu "Profil". Kemudian klik tanda "strip tiga" di pojok kanan atas, setelah itu pilih "Pengaturan dan Privasi". Scroll ke bawah hingga menemukan pilihan "Kosongkan Ruang" kemudian kamu pilih "Hapus Cache". Selesai, cache di TikTok sudah berhasil kamu hapus.

 

Itulah tips dan trik mengosongkan ruang di memori internal. Setelah mengikuti cara-cara mengosongkan ruang memori diatas, silakan buktikan sendiri dengan membuka file manager. Lihatlah berapa ruang memori yang berhasil kamu bebaskan, yang tadinya penuh sekarang sudah banyak ruang penyimpanan yang tersedia di hape.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Memori Internal Penuh. Lakukan ini dijamin Data Penting Tetap Aman!"