Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Cara Memperbaiki Font yang Berbeda dalam Postingan di Blogger

 

kode HTML blog

BOODS.ID - Konten dalam sebuah blog adalah kunci penting dalam menaikkan trafik pengunjung, maka dari itu postingan yang konsisten sangat berpengaruh. Dalam sebuah postingan, konten yang akan disajikan memerlukan banyak hal sehingga mudah ditemukan pengunjung blog, misalnya keyword / kata kunci pencarian, SEO dan lain sebagainya.



Terkadang, karena kita malas mengetik secara langsung di blogger, kita sering menggunakan metode Copy-Paste dalam membuat konten. Tapi yang perlu di ketahui, bahwa copy-paste sebuah konten ke blog biasanya akan mempengaruhi settingan di blog tersebut, misalnya warna tulisan, font, ukuran tulisan juga akan ikut terbawa ke blog. Maka dari itu, konten yang baik seharusnya ditulis secara manual. Tapi ada juga yang menggunakan aplikasi Note Pad sebelum tulisan di copy ke blogger, itu cukup berhasil untuk menghapus semua settingan dalam word.

Tapi meskuipun kita sudah melakukan sedemikian rupa, tapi kita tetap mengalami kendala dalam melakukan edit sebuah konten, tak jarang kita juga melakukan copy-paste dari web / blog, word atau atau lainnya yang mempengaruhi settingan dalam konten blog.

Cara edit postingan blog dengan kode HTML

Mengedit konten dengan metode HTML adalah cara yang bisa kamu lakukan saat kamu menemukan kendala settingan yang berbeda dalam konten. Mengedit dengan metode tulisan itu tidak bisa dilakukan, karena settingan itu tidak terlihat.

Cara edit font, ukuran, dan warna tulisan pada postingan blog agar seragam.

Buka postingan yang akan di edit, kemudian edit postingan dengan metode Tampilan HTML, contoh seperti dibawah ini.


Kemudian cari kalimat yang akan di edit font dan Hapus kode HTML seperti dibawah ini.


Kode yang dihapus diatas tertulis background yang berarti latar tulisan yang berwarna, disini kamu juga bisa mengganti tulisan 'white' menjadi 'none' agar tidak memiliki background, disitu juga tertulis font times yang artinya font tersebut adalah 'times new roman' kamu bisa ganti sesuai dengan gaya penulisan dalam blog utama atau hapus saja kode tersebut. untuk yang paling mudah adalah menghapus semua kode dari </span sampai tanda kutip (").

Terkadang saat kita menghapus kode, ada beberapa kode yang seharusnya tidak dihapus tapi ikut terhapus, tapi jangan khawatir karena itu tidak ada masalah karena secara otomatis akan berubah dengan sendirinya. Biasanya saat kita salah coding akan muncul peringatan Kode HTML tidak valid. Beralih ke mode tulis dapat menghilangkan bagian tertentu dari konten Anda. 


Tenang saja, biasanya jika yang terhapus adalah kode. Itu tidak akan menghapus konten, kecuali yang kamu hapus adalah isi dari konten tersebut yang berupa gambar atau tulisan. Biasanya kode HTML yang berwarna hitam adalah isi dari konten, sedangkan yang berwarna merah atau hijau adalah kode font, warna, ukuran tulisan dan sebagainya. Jadi perhatikan saat menghapus kode HTML tersebut agar isi konten kamu tidak terhapus.


Cara mudah mengatur font pada tulisan atau postingan blog yang sudah di publikasi

Dari penjelasan sebelumnya tentang mengedit font, ukuran tulisan, dan warna tulisan di postingan blog sangat sulit dan membutuhkan ketelitian maupun kesabaran, pasalnya cara sebelumnya adalah menggunakan metode edit HTML.

Nah, jika kamu merasa kesulitan jika menggunakan metode edit HTML, kamu bisa menggunakan cara edit postingan dengan mudah, berikut ini langkah-langkahnya.

Pertama, buka dua jendela browser sekaligus.

Kedua, buatlah postingan baru pada dasboard blogger pada tab 1 dan buka postingan yang akan diedit pada tab 2.

Ketiga, jika dalam postingan yang akan diedit terdapat gambar diatas postingan, maka klik kanan pada gambar tersebut dan klik copy. Kemudian tempelkan pada postingan baru.

Keempat, buka jendela baru lagi (tab 3) pada peramban/browser, kemudian gunakan website tools seperti cek plagiarisme, duplichecker, plagiarismchecker,dll.

Kelima, copy tulisan yang ada pada konten yang hendak di edit, kemudian tempelkan (paste) pada tools cek plagiarisme tersebut.

Keenam, setelah semua tulisan sudah ter-copy pada situs check plagiarisme, pastikan kursor berada pada papan klip yg ada pada website. Setelah itu blok semua tulisan dan copy kembali semua tulisan yang sudah di tempel tersebut (lebih mudah pakai Ctrl+A dan Ctrl+C).

Ketujuh, tempelkan kembali tulisan tersebut pada postingan baru tepat dibawah gambar (gunakan Ctrl+V). Kemudian edit tulisan pada postingan sesuai keinginan. Pada tahapan ini, semua pengaturan tulisan posting-an kembali ke default, yaitu tanpa pengaturan font, ukuran, warna dll, semuanya mengikuti pengaturan pada tema blogger. Maka dari itu pengaturan tulisan perlu dilakukan kembali, seperti judul tulisan Heading 1, Heading 2, dst.

Kedelapan, setelah semua dirasa sudah sesuai. Kemudian ubah mode tulisan menjadi mode HTML pada pojok kiri atas. Kemudian copy semua kode HTML yang ada pada postingan baru (tab 1) dan tempelkan pada postingan yang akan diedit (tab 2). Pastikan pada postingan yang akan diedit sudah diubah juga kedalam mode HTML dan sudah dihapus semua tulisan yang lama. Lebih mudahnya gunakan Ctrl+A dan Ctrl+C pada postingan baru (tab 1), kemudian klik Ctrl+A dan Ctrl+V pada tab edit postingan (tab 2).

Terakhir, klik perbarui dan selesai.

Untuk postingan baru (postingan yang ada pada tab 1) bisa dihapus, karena tujuannya hanya untuk mengedit postingan lama saja.


Cara diatas juga bisa digunakan saat kamu mau membuat postingan baru yang sumber tulisannya berasal dari Microsoft Word. Karena biasanya ketika kamu membuat tulisan yang dicopy dari word maka pengaturan tulisan akan berpengaruh juga ke postingan blog, semua bentuk font, warna tulisan, besar kecilnya tulisan akan ikut pada postingan blogger. Maka dari itu, saat membuat konten blog dengan copy-paste dari Ms Word sangat tidak disarankan.

Itulah cara mengedit font yang berbeda dalam postingan, semoga bermanfaat!





Post a Comment for "Cara Memperbaiki Font yang Berbeda dalam Postingan di Blogger"