Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Mengenali Penipu di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, OLX, dan Marketplace lainnya saat belanja


menghindari penipuan online

BOODS.ID - Saat ini belanja sangat  mudah dan praktis, penyebabnya adalah perkembangan usaha online di Indonesia yang kian pesat. Indonesia merupakan negara besar, jumlah penduduk yang lebih dari 270 juta jiwa itu adalah market utama bagi dunia perdagangan, maka dari itu tidak heran jika banyak e-commerce yang beroperasi di Indonesia.

Selain itu, kelebihaan belanja online yang praktis dan mudah juga turut berpengaruh terhadap perkembangan jual beli online itu sendiri. Ketika banyak orang tidak memiliki waktu untuk membeli keperluan rumah tangga bulanan, maka belanja online adalah pilihan yang paling tepat.

Namun dari berbagai kemudahan itu ada celah bagi orang-orang untuk berbuat curang dan menipu, ada banyak sekali korban penipuan online yang berujung merugikan pengguna belanja online. Ikuti Tips berikut agar kamu terhindar dari penipuan.


Tips Belanja Online yang Aman

Ketika kita sudah terbiasa dengan belanja online, tidak menutup kemungkinan ada orang-orang yang memanfaatkan celah untuk berbuat kejahatan. Saat kamu belanja online, biar aman kamu perlu perhatikan tips-tips belanja berikut ini.

Pilih Aplikasi Belanja Online / E-commerce Terpercaya

Belanja di platform e-commerce yang sudah terbukti dan terpercaya seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan lainnya tentu akan lebih aman dari unsur penipuan berkedok belanja online.

Hindari transaksi jika diarahkan transaksi manual

Saat kamu belanja di e-commerce, kalau kamu chat penjual di salah satu platform diatas kemudian diarahkan untuk melakukan transaksi diluar aplikasi belanja online tersebut maka sesegera mungkin untuk menjauhi toko tersebut, karena kemungkinan besar itu penipu.

Pilih Toko yang Memiliki Brand

Setelah memilih Aplikasi belanja online terbaik, maka pilih toko pada aplikasi tersebut yang memiliki brand atau logo toko, hal ini akan lebih meyakinkan atau toko memiliki keseriusan dalam penjualan. Mereka pasti akan mikir dua kali jika hendak menipu, karena brand yang mereka bangun akan hancur jika melakukan penipuan.

Selain itu, tingkat penjualan yang tinggi pada toko tersebut juga bisa kamu pertimbangkan. Dengan toko yang memiliki penjualan tinggi maka kemungkinan melakukan penipuan sangat kecil. Logikanya, banyak orang melakuakan transaksi di toko tersebut tidak mungkin mereka semua tertipu. Tapi itu hanya untuk kehati-hatian saja, toko yang baru buka atau yang masih minim pembelinya bukan berarti toko penipu.

Pilih Produk dengan Melihat Review / Ulasan Pembeli

Belanja di toko online haruslah teliti dan jeli dalam memilih produk, jangan sampai kita tergiur dengan harga murah tapi barang yang dikirim adalah barang abal-abal atau palsu. Cara memilih produk yang tepat yaitu dengan melihat review dan foto yang dibagikan dalam ulasan para pembeli. Banyak sekali permasalahan saat belanja onlime seperti penipuan shopee barang tidak sesuai,

Perhatikan betul-betul kalimat yang tertulis dalam ulasan para pembeli, jangan terpaku pada Rating produk, karena biasanya antara review/ulasan dengan pemberian rating tidak singkron, banyak yang memberikan ulasan buruk tapi memberikan rating tinggi, bintang 4 atau 5.

Dengan memperhatikan ulasan para pembeli tersebut maka kita bisa tahu kondisi barang yang akan kita beli sebenarnya. Cara belanja online ini agar kamu tidak kecewa karena barang yang kamu beli tidak sesuai dengan aslinya, dengan tips ini kamu bisa terhindar dari penipuan tokopedia barang tidak sesuai.

Perhatikan Harga Pasar

Sebelum kita membeli barang secara online kita harus cek harga barangnya di pasaran terlebih dahulu, jangan tergiur dengan harga atau promosi yang tidak wajar. Perhatikan kisaran harganya, jika terlalu jauh dibawah harga normal maka ada kemungkinan itu penipuan atau barang palsu.


Tips Belanja dengan Metode Transfer agar tidak Tertipu.

Jika sebelumnya belanja online dengan transaksi melalui aplikasi, sekarang tips untuk belanja online yang transaksinya diluar aplikasi.

Penjualan online tidak hanya ada pada platform e-commerce saja, ada toko online lain yang tidak menerapkan fasilitas rekening bersama. Nah, jika kamu membeli barang dari tapi penjual tidak memiliki rekber, seperti OLX, Caroussel, Facebook Marketplace, ataupun website lainnya yang tidak menggunakan rekening bersama kamu harus waspada dan berhati-hati.

Cek Rekening Penjual

Untuk itu, sebelum melakukan pembayaran pastikan nomor rekening penjual tidak pernah melakukan penipuan. Kamu bisa cek nomor rekening penjual dengan mengunjungi cekrekening.id untuk memastikan bahwa penjual tidak pernah melakukan penipuan sebelumnya.

Hindari pembelian barang berharga tinggi dengan metode transfer

Untuk menghindari penipuan, jangan membeli barang-barang mewah atau berharga tinggi dengan metode transfer langsung. Usahakan untuk membeli melalui platform terpercaya atau dengan metode COD (Cash On Delivery).

Perhatikan Chat / Gaya Komunikasi Penjual

Saat kamu sedang netgosiasi atau bertanya soal barang dan harganya kepada penjual, perhatikan cara komunikasi penjualnya. Jika ada intruksi untuk melakukan DP atau disuruh membayar secara terus menerus, maka kamu harus berhati hati, misalnya kamu diminta transfer dengan iming-iming sedang diskon atau promo hanya hari ini dst. Hati-hati itu ada indikasi penipuan.

Pantau Paketan

Setelah belanja online di rumah, lacak paketmu sesekali. Resi yang resmi pasti akan bisa dilacak dengan pengecekan paket online. Tujuan lacak paket adalah untuk meminimalisir barang hilang, paket kamu akan ketahuan posisinya dimana. Jadi kalau paketmu stuk di gudang sortir cukup lama, kamu bisa langsung bertindak untuk menghubungi customer service di marketplace kamu belanja atau menghubungi jasa pengiriman yang bersangkutan.

 

Cara melaporkan penipuan online

Ulasan diatas adalah tips terhindar dari penipuan, lantas bagaimana jika kita sudah terlanjur tertipu? Begini cara melaporkan penipuan online.

1. Datang ke bank dimana kita menabung dan bank si penipu. Kita jelaskan kronologinya, bukti-buktinya kepada petugas, sehingga bank akan memblokir rekening si penipu.

2. laporkan nomor ponsel yang digunakan penipu di aduannomor.id dan nomor rekening penipu di cekrekening.id 

3. Datang ke kantor polisi jika kerugian yang kamu alami cukup besar.

Itulah tips untuk belanja online dari rumah, ikuti tips belanja online tersebut agar kamu tidak tertipu.

---

Post a Comment for "Mengenali Penipu di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, OLX, dan Marketplace lainnya saat belanja"