Cara Klaim Uang Kembali saat Gagal Trasaksi QRIS di Brimo. Jangan Biarkan Saldo Kamu Hilang!
BOODS.ID - Pembayaran melalui QRIS memang mudah dan cepat, kita tidak perlu ribet mengeluarkan uang tunai. Tapi, terkadang ada saja kendala saat kita melakukan transaksi, salah satunya gagal saat melakukan pembayaran menggunakan QRIS di aplikasi Brimo.
Kegagalan transaksi tersebut sebenarnya tidak akan menjadi persoalan apabila tidak mengurangi saldo rekening kita. Yang menjadi persoalan apabila mengalami gagal transaksi QRIS tetapi saldo Brimo kita ikut terpotong, ditambah lagi jika nominalnya besar. Terus bagaimana caranya agar uang yang tepotong tersebut dapat kembali ke rekening kita? Simak penjelasan berikut ini.
Cara Klaim Saldo Terpotong saat Gagal Transaksi Brimo menggunakan QRIS.
Langkah yang harus kita lakukan saat mengalami gagal transaksi Brimo menggunakan scan QRIS yang saldonya ikut terpotong yaitu dengan melakukan klaim. Cara klaim saldo terpotong yaitu dengan menghubungi pusat bantuan pada bank atau e-wallet yang digunakan untuk transaksi QRIS. Sebelum membahas soal cara klaim transaksi gagal transaksi QRIS kamu perlu tahu alur transaksi QRIS dibawah ini agar tahu cara menangani masalah gagal transaksi QRIS.
Pada gambar diatas, kamu sebagai pelaku transaksi menggunakan layanan dari BANK A, itu artinya yang melakukan proses tranksaksi adalah BANK A, kemudian dari BANK A melakukan kliring dan meneruskan ke BANK B setelah itu BANK B meneruksan ke rekening Merchant.
Jadi apabila kegagalan transaksi masih ada di BANK A, kamu masih bisa melakukan klaim ke BANK A milik kamu, tapi apabila kegagalan transaksi ada di BANK B maka kamu harus menghubungi merchant untuk melakukan refund.
Pengalaman Gagal Transaksi QRIS di aplikasi BRImo dan Cara Refund Uang yang Terpotong.
Beberapa waktu yang lalu penulis mengalami pembayaran QRIS gagal tapi saldo berkurang di Brimo. Saat itu awalnya normal seperti biasa, tapi pada tahap memasukkan pin selesai kemudian loading dan kemudian muncul tulisan 'Transaksi Gagal' kemudian saya mengulang transaksi tersebut sampai 'Transaksi Berhasil' untuk yang kedua kali.
Setelah selesai traksaksi tersebut kemudian masuk ke menu 'Mutasi' dan terlihat ada 2 kali pendebetan dengan nominal yang sama, itu artinya pada kegegalan transaksi yang pertama sudah terpotong saldo rekeningnya. Setelah itu, penulis melakukan komplain ke email BRI dan dibalas sama admin BRI untuk melakukan sanggahan / pengaduan melalui aplikasi BRI Mobile.
Cara Ajukan Pengaduan Gagal Transaksi di BRI Mobile.
Untuk melakukan klaim transaksi qris gagal tapi saldo berkurang di Brimo cukup mudah, kamu bisa melakukan klaim saldo gagal transaksi melalui aplikasi BRImo. Ikuti langkah klaim saldo transaksi Brimo gagal saldo terpotong berikut ini.
Buka Aplikasi Brimo, kemudian klik Pusat Bantuan di pojok kanan atas, pilih Ajukan Pengaduan, kemudian pilih QRIS / Layanan Transaksi lainnya yang mengalami kendala.
Selanjutnya pilih Nominal Transaksi yang akan di sanggah dan klik Ajukan Pengaduan, kemudian tinggal menunggu pihak bank melakukan proses pengaduan. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar dibawah ini.
Proses pengaduan hingga uang kembali ke rekening membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari kerja. Kamu hanya tinggal menunggu proses pengaduan selesai divalidasi oleh pihak Bank BRI, kamu juga bisa memantau jalannya proses pengaduan di Daftar Pengaduan di Aplikasi Brimo.
Nah, itulah cara pengaduan gagal transaksi di BRI Mobile.
Semoga Bermanfaat!
#BRIMO #QRIS #GagalTransaksi
Post a Comment for "Cara Klaim Uang Kembali saat Gagal Trasaksi QRIS di Brimo. Jangan Biarkan Saldo Kamu Hilang!"