Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

DOWNLOAD Aplikasi Kwitansi Excell Gratis

 

contoh kwitansi

Gambar Contoh kwitansi atau format kwitansi

BOODS.ID - Kwitansi merupakan tanda bukti transaksi atau tanda bukti penerimaan (pembayaran) uang yang sah. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kwitansi sangat penting terutama aktivitas administrasi yang berikaitan dengan penjualan dan penerimaan uang.

Biasanya kwitansi yang dibuat masih manual dengan tulis tangan. Namun kwitansi yang ditulis tangan tentu tidak bisa menyimpan data secara permanen, data tersebut akan hilang jika kertas kwitansi yang telah dibuat juga hilang. lain hanya jika aplikasi kwitansi yang dibuat dengan komputer, data yang telah dibuat akan tersimpan selama kita tidak menghapusnya di komputer.

Aplikasi kwitansi digital ini merupakan aplikasi kwitansi excel yang bisa dipakai untuk pembuatan kwitansi yang bisa menyimpan data. Format kwitansi bisa kamu ubah sesuai kebutuhan kamu. Dalam kwitansi excell ini, kamu hanya perlu input data, kemudian tinggal klik "Cetak Kwitansi" dan secara otomatis akan mencetak data kwitansi sesuai data yang telah diinput.

Umumnya kwitansi pembayaran menggunakan templete kwitansi yang bisa di beli di toko buku dan tulis tangan, tapi dalam aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah karena kwitansi berbasis excel. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pembuatan kwitansi jual beli tanah atau kwitansi jual beli lainnya.

Silakan download kwitansi excell dibawah ini gratis. Untuk format kwitansi excell bisa kamu edit sendiri.


🔻 DOWNLOAD APLIKASI KWITANSI 🔻


Cara Menulis Kwitansi atau Membuat Kwitansi dengan Excel

Cara menulis kwitansi dengan excel cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai pembuatan kwitansi.

Sebelum membuat kwitansi, silakan  download kwitansi excell diatas, perlu melakukan setting / pengaturan. Pengaturan bisa dilakukan dengan cara:

1. Pengisian Identitas Perusahaan

Untuk mengubah data pada template kwitansi excell, harus dilakukan pengisian data sesuai dengan data instansi atau perusahaan, dengan cara:

  1. Masuk ke sheets "Menu" lalu edit/isi sesuai dengan identitas instansi / perusahaan. Kolom yang di isi yaitu: nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan kota.
  2. Untuk "Nomor Kwitansi" silakan isi sesuai dengan nomor komputer yang digunakan. Misalnya dalam satu instansi ada beberapa komputer yang menggunakan aplikasi kwitansi tersebut, maka penomoran kwitansi bisa di isi KW-01 untuk komputer nomor satu, KW-02 untuk komputer nomor dua, dan seterusnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari duplikasi nomor pada kwitansi yang dibuat.
  3. Untuk "Judul Kwitansi" bisa di isi dengan keperluan kwitansinya, misal KWITANSI atau KWITANSI PEMBAYARAN, atau lainnya sesuai kebutuhan. 
  4. Pengubahan pada sheets "Menu" tersebut akan berpengaruh terhadap kop atau template kwitansi yang dihasilkan. Jadi, pastikan isi atau ubah nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan lainnya dengan benar sesuai instansinya.

2. Jumlah kwitansi yang telah dibuat

Data tersebut adalah keseluruhan data kwitansi yang telah dibuat yang menampilkan total kwitansi dan juga total nominal kwitansi.

3. Total keseluruhan kwitansi yang telah dibuat

Dibawah identitas perusahaan ada kolom untuk mengetahui berapa kwitansi yang telah dibuat. Untuk mengetahui kwitansi yang dibuat berdasarkan bulan, silakan pilih bulan dan tahun, maka jumlah kwitansi yang dibuat akan muncul.

4. Memulai input kwitansi

Setelah setting selesai, bisa langsung memulai input kwitansi dengan klik "INPUT KWITANSI" maka akan langsung diarahkan ke sheets "INPUT".

5. Menghapus semua data kwitansi yang telah di input

Tombol ini berfungsi untuk menghapus semua data kwitansi. Apabila kolom atau baris pada aplikasi excell kwitansi ini sudah penuh, maka memulai ulang aplikasi dari awal dengan cara menghapus semua data yang telah di input.

Namun sebelum menghapus data, pastikan terlebih dahulu sudah melakukan duplikasi file (copy file) untuk penyimpanan data.

Lihat gambar berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut: 


APLIKASI KWITANSI EXCELL


Cara Membuat Kwitansi di Aplikasi Excell

Setelah selesai melakukan perubahan pada "Menu", untuk mengisi kwitansi silakan masuk ke sheets "Input" untuk memasukkan data kwitansi. Berikut ini cara mengisi kwitansi di aplikasi excell, langkah pengisian pada aplikasi kwitansi excell:

  1. Masukkan tanggal kwitansi di kolom tanggal (mulai dari sel G9), untuk 'nomor urut' atau pada kolom F akan terisi secara otomatis saat kolom tanggal terisi.
  2. Masukkan nama pembuat kwitansi.
  3. Masukkan nama pembayar yaitu nama perorangan atau nama instansi yang melakukan pembayaran.
  4. Masukkan nominal kwitansi atau nominal uang yang diterima.
  5. Masukkan keterangan pembayaran atau tujuan pembayaran.
  6. Setelah semua data yang dimasukkan sudah benar, kemudian klik "Cetak Kwitansi" pada pojok kanan atas.
  7. Dibawah tombol 'Cetak Kwitansi' terdapat tombol untuk mencari data kwitansi yang telah dibuat. Jika hendak mencari data yang dicari, silakan masukkan kriteria pencarian pada kolom tersebut. Misalnya mencari berdasarkan tanggal, nama pembuat, nominal, atau lainnya, maka kriteria yang dicari tersebut akan tersorot berwarna merah.

aplikasi kwitansi excell


Hal Penting dalam Membuat Kwitansi di Aplikasi Excell

Untuk mengisi data pada aplikasi kwitansi excell ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar aplikasi bisa berjalan normal.

  1. Untuk kolom nomor urut (kolom F) dan kolom nomor kwitansi (kolom L) jangan diisi, karena akan terisi secara otomatis saat memasukan data kwitansi.
  2. Pencetakan kwitansi berdasarkan data kwitansi yang terakhir dibuat. Apabila ingin mencetak kwitansi yang lama, silakan klik pada salah satu sell di kolom 'nomor kwitansi' (kolom L) hingga baris yang akan dicetak tersorot atau terseleksi, kemudian klik 'Cetak Kwitansi'.
  3. Aplikasi Kwitansi Excell ini berbasis rumus dan VBA sederhana. Harap untuk tidak menghapus atau mengubah rumus-rumus pada cell yang berisi formula dan baris yang disembunyikan, karena itu akan berpengaruh terhadap formula excell.
  4. Bagi siapapun yang mahir dalam excell, tidak dilarang untuk mengubah atau memperbarui rumus untuk keperluan penyempurnaan aplikasi.
  5. Susunan Nomor Kwitansi yaitu KW-01/XII-23-001 dengan rincian KW-01 adalah nomor komputer/nomor aplikasi pada satu perusahaan, bisa diedit di pengaturan pada "Menu", XII adalah angka romawi yang menunjukkan bulan pembuatan kwitansi, angka 23 adalah nomor tahun pembuatan kwitansi, dan angka 001 adalah nomor kwitansi yang dibuat berdasarkan tahun. Apabila dalam satu aplikasi ini dibuat untuk multiyears maka nomor urut akan mengikuti urutan berdasarkan tahun.
  6. Apabila formula terbilang pada sheet "KWITANSI" sel D8, tidak berfungsi atau eror, silakan download fungsi terbilang berikut → Download Fungsi Terbilang
  7. Setelah unduh fungsi terbilang, silakan masuk ke bagian menu "Add-Ins" pada Excell.
  8. Cara menambahkan Fungsi pada Add-Ins Excell dengan masuk ke menu 'File' → pilih 'Options' → pilih 'Add-Ins' → pilih 'Go' → pilih 'Browse' dan pilih file 'Fungsi Terbilang' yang baru di download tersebut, setelah itu centang fungsi tersebut pada daftar Add-Ins.

Selesai, aplikasi kwitansi gratis sudah bisa kamu pakai.

Apabila kamu memerlukan bantuan, bisa kamu tanyakan di komentar.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "DOWNLOAD Aplikasi Kwitansi Excell Gratis"