Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet dan tidak Mau Berputar

 

Cara memperbaiki kipas angin yang macet

BOODS.ID - Sepertinya dunia ini butuh kipas angin raksasa yang di nyalakan di tengah-tengah kota. Beneran deh, karena saat ini cuaca terasa amat sangat panas. Kalau ada kipas angin raksasa pasti sangat bermanfaat sekali kan? Saking panasnya, jadi ngehalu.

Tapi akhir-akhir ini memang benar-benar bahwa dunia terasa panas, penyebabnya karena kemarau panjang. Akibat kemarau panjang ini bukan hanya menyebabkan udara yang terasa panas, tapi juga menyebabkan kekeringan dimana-mana.

Namun dalam artikel ini tidak akan membahas soal dampak kekeringan akibat kemarau panjang, tapi membahas soal kipas angin untuk mengatasi hawa panas.

Bagi orang yang beruntung, memiliki AC atau air conditioner merupakan kebahagiaan disaat dunia ini sangat panas. Tapi bagi sebagian yang lainnya, Kipas Angin adalah senjata utama melawan udara panas musim kering.

Nah, kalau kamu lebih memilih kipas angin, maka perlu mempertimbangkan untuk membeli kipas angin berikut ini.

Jenis-jenis Kipas Angin sesuai Peruntukannya.

Ada banyak jenis kipas angin untuk mengatasi hawa panas seperti sekarang ini. Kamu bisa memilih kipas angin berdasarkan jenisnya seperti berikut ini:

Kipas Angin Helikopter.

Kipas angin helikopter atau kipas angin baling-baling cocok untuk yang memiliki ruangan yang luas. Kecepatan baling-baling kipas ini seperti baling-baling helikopter yang membawa angin ke penjuru ruangan.

Kipas Angin Dinding (Wall Fan).

Kipas ini cocok untuk ruangan yang sedang, sehingga jika kamu pakai kipas ini maka seluruh ruangan akan terasa dingin. Karena umumnya kipas jenis ini bisa geleng-geleng yang akan menjangkau ke semua sudut ruangan.

Kipas Angin Berdiri (Stand Fan).

Kipas jenis ini ada dua macam, ada kipas sedang (stand fan biasa) dan kipas angin turbo. Kalau kipas stand fan biasa maka cocok untuk ruangan yang sedang seperti menggunakan wall fan. Sedangkan untuk kipas angin turbo, cocok untuk ruangan luas seperti hall. Biasanya kipas angin turbo ini juga terdapat water sprayer yang bisa membuat udara makin sejuk karena kipas angin disertai hembusan air.

Kipas Angin Meja (Desk Fan).

Kipas ini untuk ruangan yang kecil atau kamar ukuran kecil. Kipas ini kurang cocok dipakai beramai-ramai, karena hembusan angin yang kecil, kalau pakai kipas ini pasti bakal rebutan.

Kipas Angin Portable.

Kipas ini mungil dan bisa dibawa kemanapun, tapi tidak bisa dipakai sepanjang hari karena ini menggunakan baterai, jika baterai habis maka kamu siap-siap kepanasan.

Kamu bisa beli kipas angin sesuai kebutuhan kamu, kalau ruangan cukup luas maka kamu bisa pasang kipas angin baling-baling atau kipas angin turbo (turbo stand fan). Tapi kalau hanya dipakai sendiri maka cukup pakai kipas angin desk fan.

Cara Mengatasi Kipas Angin tidak Bisa Berputar atau Macet

Pernah gak kamu mengalami kerusakan kipas angin atau kipas angin kamu macet dan tidak mau berputar disaat dibutuhkan? Terus apa yang harus dilakukan jika kipas angin berdengung dan tidak mau berputar? Dibuang? Ganti baru? Tentu jangan, itu masalah simpel. Ikuti cara memperbaiki kipas angin macet tidak mau berputar berikut ini.

Cara memperbaiki kipas angin rusak cukup mudah, kamu bisa perbaiki sendiri kipas angin yang tidak berputar itu dengan sekejap, dalam hitungan menit kipas angin kamu bisa berputar dan geleng geleng lagi seperti semula.

Tips dan Trik Mengatasi Kipas Angin Rusak

Kerusakan kipas angin yang paling sering terjadi adalah baling-baling kipas angin tidak berputar dan berdengung. Kerusakan ini semacam ini adalah kerusakan yang paling ringan dan mudah untuk kita perbaiki sendri tanpa perlu datang ke tukang service.

Pertama, lihat kerusakan kipas angin terlebih dahulu, sebab kerusakannya karena apa. Jika penyebabnya karena terbakar maka kamu perlu perbaiki lebih lanjut ke ahlinya. Tapi jika kerusakan kipas angin karena macet, maka kamu bisa memperbaiki sendiri.
Ciri-ciri kipas angin tidak berputar tapi masih bisa diperbaiki sendiri biasanya terdengar suara dengungan. Kalau kamu menemukan kipas angin berdengung dan tidak berputar, itu tandanya kipas angin kamu masih berfungsi dengan baik hanya butuh perawatan saja.

Kedua, setelah tahu akibat tidak berputarnya baling-baling kipas, maka kamu bisa memulai bongkar penutup (casing fan) untuk memulai perbaikan.

Ketiga, setelah di bongkar, langkah selanjutnya yaitu membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada mesin kipas dan juga keseluruhan debu kotoran yang ada pada setiap bagian kipas.

Keempat, oleskan grease / pelumas kipas angin pada motor kipas angin / dinamo kipas angin untuk melumasi mesin agar melancarkan perputaran (pelumas berbentuk gel seperti pomade). Kamu bisa beli di marketplace kesayangan kamu seperti toko ijo, toko oren, toko merah, toko ungu, atau juga toko biru, bebas pilih yang mana.

Kelima, jika tidak sanggup menunggu lama, kamu bisa pakai oli mesin untuk sementara (oli motor atau mobil) untuk pelumas mesin kipas. Jika tidak ada oli juga, maka kamu bisa pakai minyak goreng untuk melumasi kipas angin. Setelah ini, coba nyalakan kipas, dijamin kipas sudah lancar berputar.

Tapi perlu di ingat, pemberian minyak goreng hanya untuk sementara karena minyak goreng mudah panas. Penggunaan yang terus menerus menggunakan minyak juga dapat mempercepat kerusakan mesin kipas angin, kipas angin jadi mudah panas karena efek dari minyak. Jadi wajib membeli Grease / pelumas khusus kipas angin untuk penggunaan jangka panjang.

Terakhir, setelah membeli Grease maka langsung kamu diaplikasikan ke dinamo kipas angin untuk melumaskan kipas. Oleskan pada bagian poros baling-baling kipas atau bagian besi yang dapatkan berputar (lihat tanda panah pada gambar diatas).

Tapi sebelum mengaplikasikan, jika sebelumnya kamu memberikan oli atau minyak pada mesin, maka dibersihkan dulu sisa-sisa minyak dengan cara di lap menggunakan kain bekas atau tisu.


Sekian tips dan trik melancarkan kipas angin yang tidak mau berputar dan geleng-geleng. Setelah membaca artikel ini semoga kipas angin kamu bisa berputar dan geleng-geleng lagi seperti biasanya.

Share artikel ini ke teman kamu kalau teman kamu mengalami kerusakan kipas angin di musim yang sangat panas ini.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet dan tidak Mau Berputar "