Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Autosave BSI, Kerugian autodebet Bank Syariah Indonesia
Menambahkan Widget Media Sosial di Blog
Review nabung Emas di Bank Syariah Indonesia, BSI
Cara mengenali penipuan di Tokopedia / Shopee

Cara Memperbaiki Kipas Angin tidak Berputar dan Berdengung dengan Mudah!

 

Cara memperbaiki kipas angin yang macet

BOODS.ID - Kipas angin adalah peralatan rumah tangga yang lumrah, hampir setiap orang memiliki alat ini di rumah masing-masing, bahkan saat ini ada kipas angin portable yang bisa dibawa kemana saja tanpa ribet. Selain itu bagi orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya kipas angin adalah barang yang wajib.

Karena penggunaan kipas angin yang nonstop tiap hari, sudah menjadi hal yang pasti akan mengalami permasalahan atau kerusakan. Nah, kalau kamu mengalami kerusakan kipas angin, jangan buru-buru dibawa ke tukang reparasi yaa, bisa jadi kamu bisa memperbaiki sendiri.

Ciri-ciri kipas angin tidak berputar tapi masih bisa diperbaiki sendiri biasanya terdengar suara dengungan. Kalau kamu menemukan kipas angin berdengung dan tidak berputar, itu tandanya kipas angin kamu masih berfungsi dengan baik hanya butuh perawatan saja.


Cara Memperbaiki Kipas Angin tidak Berputar

Penyebab kipas angin tidak berputar ada beberapa hal, yang paling sering adalah masalah pelumas kipas angin yang sudah habis. Kalau kamu punya permasalahan kipas angin tidak berputar dan berdengung jangan buru-buru dibawa ke tukang service. Kerusakan ini semacam ini adalah kerusakan yang paling ringan dan mudah untuk kita perbaiki sendri. Sebenarnya kipas angin yang tidak berputar bukanlah kerusakan hanya butuh pelumas saja.

Cara megatasi kipas angin tidak berputar dalam hitungan menit saja.

Pertama, lihat kerusakan kipas angin terlebih dahulu, sebab kerusakannya karena apa. Jika penyebabnya karena terbakar maka kamu perlu perbaiki lebih lanjut ke ahlinya.

Kedua, setelah tahu akibat tidak berputarnya baling-baling kipas, maka kamu bisa memulai bongkar penutup (casing fan) untuk memulai perbaikan.

Ketiga, setelah di bongkar, langkah selanjutnya yaitu membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada dinamo kipas dan juga keseluruhan debu kotoran yang ada pada setiap bagian kipas.

Keempat, oleskan grease / pelumas kipas angin pada dinamo kipas angin untuk melumasi mesin agar melancarkan perputaran (pelumas berbentuk gel seperti pomade). Kamu bisa beli di marketplace kesayangan kamu.

Kelima, simple hack mengatasi kipas macet yaitu dengan oli mesin untuk sementara (oli motor atau mobil) untuk pelumas mesin kipas. Jika tidak ada oli juga, maka kamu bisa pakai minyak goreng untuk melumasi kipas angin. Minyak kipas angin yang baik yaitu dengan pelumas mesin jahit sekiranya belum ada grease pelumas kipas angin.

Setelah di oleskan, coba nyalakan kipas, dijamin kipas sudah lancar berputar.

Dampak Melumasi Kipas Angin dengan Minyak Goreng

Perlu di ingat, pemberian minyak goreng hanya untuk sementara karena minyak goreng mudah panas. Penggunaan yang terus menerus menggunakan minyak goreng berdampak buruk bagi kipas angin yaitu dapat mempercepat kerusakan mesin kipas angin. Kipas angin jadi mudah panas karena efek dari minyak goreng.

Jadi alangkah baiknya membeli Grease / pelumas dinamo kipas angin untuk penggunaan jangka panjang.


Sekian tips dan trik melancarkan kipas angin yang tidak mau berputar dan geleng-geleng. Setelah membaca artikel ini semoga kipas angin kamu bisa berputar dan geleng-geleng lagi seperti biasanya.

Share artikel ini ke teman kamu kalau teman kamu mengalami kerusakan kipas angin di musim yang sangat panas ini.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kipas Angin tidak Berputar dan Berdengung dengan Mudah!"