Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Cara Memperbaiki Dispenser yang Bocor dan Tidak Bisa Dingin. Hanya dengan Uang 5 Ribu, Beres!

 

BOODS.ID - Ada banyak peralatan rumah tangga yang sering kita gunakan sehari-hari. Rice cooker, kulkas, microwave, kompor listrik, dispenser dan sebagainya. Pasti setiap rumah memiliki minimal satu dari berbagai barang rumah tangga, alat-alat rumah tangga yang jadul maupun yang modern pasti ada.

Jika pada jaman dulu orang-orang menyimpan air minunya di dalam teko, gogok atau kendi air dari tanah liat, maka di kehidupan yang serba teknologi sekarang ini orang-orang sudah mulai menggunakan dispenser untuk penyimpanan air minum.

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama dispenser ini kan? Di kehidupan modern, alat ini tentu sudah hal yang biasa kita jumpai di setiap rumah-rumah.

Terkadang kita akan menjumpai kerusakan pada peralatan dapur kita, seperti yang akan di bahas dalam artikel ini. Cara mengatasi kebocoran pada dispenser berikut ini adalah permasalahan yang akan kita bahas. Jadi, baca sampai akhir untuk bisa mengetahui cara memperbaiki dispenser bocor dan tidak bisa dingin.


Cara Memperbaiki Dispenser Air Minum Bocor Sendiri dengan Mudah

Untuk memperbaiki kebocoran dispenser cukup mudah dan murah, kamu bisa perbaiki sendiri tanpa perlu datang ke tukang servis. Alat-alat yang digunakan juga cukup simpel dan biasanya ada di rumah.

Sebelum memulai perbaikan, kita harus tahu penyebab kebocoran dispensernya agar kita bisa mengeksekusi dengan tepat problemnya. Cara memperbaiki dispenser bocor dari bawah, ini langkah-langkahnya:

Siapkan obeng obeng kembang dan obeng lainnya.

Kemudian, buka bagian belakang dispenser yaitu dimana mesin dispenser berada, gunakan obeng sesuai dengan jenis baut yang ada pada penutup dispenser untuk membukanya.

Setelah dibuka, langkah selanjutnya adalah membersihkan debu-debu yang menempel pada mesin dispenser.

Cari sumber kebocoran Dispenser

Setelah bersih, periksa bagian-bagian dispenser yang terdapat air atau tetasan air, jika ada tetesan air bisa jadi itu penyebab kebocoran dispenser kamu.

Lakukan pemeriksaan ke saluran air yang ada pada bagian dalam dispenser, pastikan semua selang yang ada dalam kondisi normal dan tidak ada bocor. Periksa juga ke bagian sambungan antar selang, apakah terdapat tetasan air di sekitar sambungan dispenser atau tidak, jika tidak ada bisa dipastikan sambungan aman.

Pemeriksaan selanjutnya ke bagian penampungan air, periksa ke semua penampungan yang tersedia seperti tabung utama dispenser, tabung air dingin, dan tabung air panas. Periksa dan pastikan tidak ada kebocoran pada tabung-tabung tersebut.

Jika semua dalam kondisi aman, maka periksa ke bagian selang penguras air. Setiap dispenser ada bagian untuk menguras tabung penampung air. Lokasinya ada dibagian bawah masing-masing tabung. Kebocoran dispenser yang paling sering terjadi ada pada bagian selang penguras air dispenser, maka periksa penutup selang pengurasnya jika ada kerusakan maka diganti.

Mulai perbaikan di area yang bocor.

Jika sudah menemukan sumber kebocoran dispenser, lantas bagaimana cara memperbaikinya?

Gunakan lem tembak atau lem lilin untuk menyumbat kebocoran pada selang dispenser dan juga lubang penguras dispenser. Oleskan lem tembak tersebut di area yang terindikasi kebocoran. Lem tembak ini harganya murah, hanya modal 3000 saja kebocoran dispenser teratasi.

Cukup beli satu batang lem tembak, tidak harus menggunakan alat tembaknya. Untuk melelehkan lem tembak kamu bisa mengunakan api kompor.

Setelah dioleskan pada area yang bocor, tunggu hingga lemnya kering dan kemudian coba masukkan air ke lubang penampungan air untuk mengetes kebocoran.

Sekiranya aman dan tidak ada lagi tetesan air maka dispenser kamu sudah selesai diperbaiki dan bisa kamu gunakan kembali seperti biasa.


Cara Memperbaiki pendingin dispenser rusak

Untuk mengatasi dispenser yang tidak bisa dingin tidak semudah mengatasi kebocoran, kamu perlu memahami sistem kelistrikannya. Sekiranya kamu tidak memahami kelistrikan, alangkah lebih baik untuk tidak memperbaikinya sendiri karena berbahaya jika terjadi korsleting listrik.

Namun, jika kamu cukup memahami kelistrikan, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaiki dispenser yang air dinginnya tidak berfungsi.

Periksa kelistrikan pada dispenser.

eriksa apakah semua kabel dalam kondisi baik. Untuk mengetahui kondisi kabelnya kamu perlu yang namanya tespen untuk mengetes arus listrik.

Sekiranya ada yang rusak dan terlepas maka bisa langsung kamu pasang dan sambungkan.

Periksa kipas pendingin

Kipas ini sama dengan kipas yang ada pada CPU di komputer. Gunanya kipas ini untuk mendinginkan heatsink. Di dispenser yang bisa air dingin juga terdapat heat sink untuk membuang panas yang ditimbulkannya pendingin dispenser.

Jika, kipas pendingin tidak berfungsi maka kamu bisa membeli kipas pendingin CPU untuk menggantikan yang mati.

Periksa Peltier Dispenser 

Setelah kipas heat sink dalam kondisi baik, maka kemungkinan penyebab dispenser tidak bisa dingin adalah Peltier-nya tidak berfungsi atau rusak.

Untuk mengetahui kondisi Peltier maka perlu membongkar heat sink terlebih dahulu. Lepas semua bagian-bagiannya satu persatu hingga terlihat Peltier. Peltier ini menempel pada tabung untuk air dingin.

Setelah di bongkar, maka ganti Peltier yang mati dengan yang baru. Kamu bisa membeli Peltier ini di toko online, harganya kira-kira antara 60rb - 90rb di marketplace.

Jangan lupa juga membeli thermal paste atau thermal grease untuk mengolesi Peltier pada saat pemasangan. Fungsi thermal paste ini untuk bisa menyebarkan panas ke heatsink agar tidak terjadi over heat.


Nah, itulah cara memperbaiki dispenser rusak karena bocor dan pendingin dispenser tidak berfungsi.

Jangan lupa share, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Dispenser yang Bocor dan Tidak Bisa Dingin. Hanya dengan Uang 5 Ribu, Beres!"