Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Untung Rugi Tabungan Emas BSI Mobile, Review nabung Emas di Bank Syariah Indonesia

 

tabungan emas BSI Mobile
tabungan emas BSI Moble Bank Syariah Indonesia

BOODS.ID - Emas adalah logam mulia yang value-nya paling tahan terhadap inflasi, ini berbeda dengan nilai mata uang, seperti rupiah, dolar, euro, dan lain sebagainya yang nilainya semakin lama semakin turun. Sebagai gambaran, nilai tukar rupiah terhadap dolar pada tahun 2010 sekitar 9.000 - 10.000 per 1 dolar AS, sekarang nilai rupiah berada di kisaran 15.000 - 16.000 per dolar, itu artinya nilai tukar rupiah terhadap dolar selalu merosot dan berkurang.

Jika kita menyimpan uang dalam bentuk rupiah, maka sebenarnya uang kita akan berkurang tanpa kita sadari. Mengapa bisa terjadi? Karena adanya inflasi. Misal, kamu menyimpan uang saat ini sebesar 15 juta rupiah, maka dalam waktu 10 tahun kedepan, uang kamu tetap 15 juta rupiah tapi nilainya berkurang. Katakanlah saat ini dengan uang segitu kamu bisa membeli 1 unit sepeda motor, tapi dalam waktu 10 tahun yang akan datang uang sebesar 15 juta tidak akan cukup untuk membeli 1 unit sepeda motor. Belum lagi jika kamu menyimpannya di bank, maka akan selalu terpotong biaya administrasi setiap bulan.

Maka dari itu emas adalah "uang" dengan ketahanan inflasi paling tinggi. Bukti konkret, uang emas (Dirham) di jaman Nabi Muhammad Saw (1500 tahun yang lalu) 1 Dinar atau setara dengan 4,25 gram emas dapat membeli 1 ekor kambing dengan kualitas yang paling super. Saat ini dengan uang yang sama yaitu 1 Dinar bisa untuk membeli 1 ekor kambing super, padahal perbedaan waktu hingga ribuan tahun tapi nilai tukar tidak berubah.


Review nabung Emas di Bank Syariah Indonesia BSI Mobile

Menabung emas BSI mobile itu sangat mudah, hanya dengan menggunakan HP sudah bisa membeli emas batangan ANTAM. Untuk kamu yang mau menabung emas, baca review tabungan emas BSI berikut ini.

Untung Rugi menabung emas di BSI Mobile Bank Syariah Indonesia

Ini review menabung emas di BSI mobile dari pengalaman pribadi setelah membuka tabungan emas di BSI Mobile, pengalaman setiap orang bisa jadi akan berbeda. Berdasar pengalaman, menabung emas di BSI mobile ada 2 kemungkinan, hasilnya bisa jadi utung bisa jadi rugi, kok bisa?

Jawabannya adalah soal waktu, jika kamu menabung dalam jangka pendek maka kamu akan rugi, tapi jika kamu menyimpan tabungan emas dalam jangka panjang maka akan untung. Bagaimana bisa? Begini penjelasannya.

Semua orang pasti tahu kalau harga beli emas dengan harga jual emas itu berbeda, dimana harga jual lebih murah dari pada harga beli. Misalnya hari ini kita beli emas 1 gram seharga Rp 1.100.000, besoknya kita jual, harga jualnya hanya Rp 1.020.000, atau rugi 80.000.

Harga emas di BSI mobile juga tertera harga jual (kita menjual) dengan harga beli (kita beli) ada gap sekitar 50.000 - 100.000 an. Maka dari itu kalau mau investasi atau menabung emas dalam jangka pendek itu tidak disarankan karena RUGI.

Tapi jika kita mejual emas 1 tahun, 2 tahun, atau 10 tahun kemudian, maka harga jualnya bisa berbeda mengikuti harga pasar emas yang berlaku pada saat kita jual. Dan kita tahu bahwa harga emas setiap tahun selalu naik, meskipun fluktuatif tapi positif naik.

Jadi investasi atau menabung emas dalam jangka panjang akan menguntungkan, dalam artian menjaga value dari inflasi.

Gambaran menabung Emas di BSI mobile Bank Syariah Indonesia

Sesuai pengalaman pribadi menabung emas dalam jangka waktu yang lama itu menguntungkan. Waktu itu saya membeli emas di BSI mobile seharga 900.000/gram sekitar tahun 2020, saat ini (2024) harga jual emas Antam di BSI mobile seharga Rp 1.200.000/gram. Bisa kebayang kan keuntungannya?

Tapi keuntungan menabung emas tidak seperti investasi lain layaknya deposito atau saham, dimana investasi emas lebih kepada 'menjaga value' bukan sebagai investasi untuk passive income.


Bagaimana cara menabung emas di BSI mobile?

Membuka tabungan emas di BSI mobile sangat mudah dan praktis, hanya dengan uang 500.000 kita sudah bisa membuka tabungan emas antam. Kita bisa membeli emas kapanpun dan menjualnya dengan mudah, langsung cair pula. Misalnya kita butuh uang mendesak, maka tinggal kita jual emas di BSI mobile, maka pada saat itu uang akan langsung masuk ke rekening, berbeda dengan kita memiliki tabungan emas fisik, saat kita menjual kita harus datang ke toko emas.

Jika kamu mau mencetak emas secara fisik juga bisa, kamu tinggal datang ke cabang Bank Syariah Indonesia terdekat. Tapi perlu di ingat, ada biaya administrasi cetak emas fisik yang harus kamu bayar per gramnya.

Cara menabung emas di BSI mobile sangat mudah, tinggal buka aplikasi BSI mobile, kemudian pilih menu "e-mas" kemudian pilih 'beli emas', kemudian tinggal isi formulir atau petunjuk yang ada, simpel kan?

Jadi kesimpulannya, jika kamu berniat menabung uang bentuk emas dalam waktu yang pendek maka lebih baik jangan dilakukan karena itu tidak menguntungkan, namun jika kamu menyimpan tabungan emas dalam jangka panjang maka itu akan menguntungkan.

Post a Comment for "Untung Rugi Tabungan Emas BSI Mobile, Review nabung Emas di Bank Syariah Indonesia"