Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Cara Merawat Baterai HP Agar Awet, Tips Praktis yang Perlu di Ketahui


cara merawat baterai hp


BOODS.ID - Kebutuhan akan hp atau ponsel pintar yang memiliki daya tahan baterai yang andal tengah mengalami peningkatan yang signifikan.

Seperti yang telah kita saksikan, salah satu persoalan kronis yang senantiasa muncul dalam dunia ponsel pintar, termasuk di dalamnya ponsel Android, adalah durabilitas baterai yang cenderung cepat habis setelah ponsel digunakan lebih dari satu tahun.

Situasi ini tentu saja lumrah, sebab ponsel Android yang telah aktif digunakan selama waktu yang melebihi satu tahun umumnya akan mengalami penurunan kinerja pada baterainya.

Walau saat ini telah banyak ponsel pintar yang dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar, tetap diperlukan serangkaian penyesuaian agar daya tahan baterai tersebut dapat lebih optimal dalam jangka waktu yang lebih lama.


Cara Merawat Baterai Hp agar Awet

cara mengempiskan baterai kembung


Artikel ini hadir untuk memberikan kamu panduan langkah demi langkah tentang cara merawat baterai HP dengan benar.

Kita akan melihat mengapa perawatan baterai sangat penting, dampak buruk dari penggunaan yang tidak tepat, serta tips praktis untuk merawat baterai agar masa pakai perangkat lebih panjang.

Pahami Jenis Baterai HP

Baterai HP datang dalam berbagai jenis, seperti baterai Li-ion (ion litium) dan baterai Li-Po (polimer ion litium).

Memahami jenis baterai yang digunakan dalam perangkat adalah langkah awal yang penting. Setiap jenis baterai memiliki karakteristik dan persyaratan perawatan yang berbeda.

Dengan mengetahui jenis baterai, kita dapat merencanakan perawatan yang sesuai, memastikan baterai tetap berkinerja baik, dan umur perangkat lebih panjang.

Pengisian Baterai yang Tepat

Proses pengisian baterai adalah salah satu titik kritis dalam perawatan baterai. Pengisian yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai dan mencegah kerusakan. Beberapa tips mengenai pengisian baterai yang perlu kamu perhatikan adalah:

Waktu Pengisian

Usahakan untuk mengisi baterai saat tingkat dayanya mencapai sekitar 20-30% dan berhenti sekitar 80-90%. Ini membantu menghindari kondisi penuh atau kosong yang dapat merusak baterai.

Hindari Overcharging

Overcharging, yaitu pengisian baterai melebihi kapasitas maksimalnya, dapat merusak sel baterai dan mengurangi masa pakai baterai. Gunakan charger resmi yang mendukung penghentian otomatis saat baterai sudah penuh.

Hindari Suhu Ekstrem

Hindari penggunaan HP dalam suhu ekstrem, terutama suhu panas yang dapat mempercepat degradasi baterai. Jangan biarkan HP terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama. Suhu lingkungan memiliki dampak signifikan terhadap kinerja dan umur baterai. Terlalu panas atau terlalu dingin dapat merusak sel baterai dan mengurangi kapasitasnya.

Jaga Tingkat Pengisian Baterai

Mengapa Menjaga Tingkat Baterai di Kisaran Tertentu Penting?

Membiarkan baterai terlalu kosong atau terlalu penuh dapat merusak kimia internal baterai dan mengurangi masa pakainya secara signifikan. Menjaga baterai di kisaran 20-80% dapat membantu menjaga kesehatan baterai dalam jangka panjang.

Jangan Membiarkan Baterai Hingga Kosong

Sering menguras baterai hingga kosong dapat menyebabkan siklus pengisian yang berlebihan dan mempercepat degradasi baterai. Ini akan mengakibatkan penurunan kapasitas baterai secara keseluruhan. Perilaku ini juga penyebab utama baterai cepat kembung.

Jangan Cas HP diatas Kasur

Hindari pegecasan HP diatas kasur, karena kasur dapat meningkatkan suhu ekstrem pada baterai HP,  suhu panas yang dapat mempercepat kerusakan baterai. Selain dapat meningkatkan suhu panas pada HP, mengecas Hp diatas kasur juga dapat menyebabkan kebakaran. Beberapa kasus terjadi kebakaran akibat menaruh Handphone di kasur saat di cas.


Tips untuk Menjaga Tingkat Pengisian Baterai yang Ideal

Beberapa fitur HP dapat menguras daya baterai secara signifikan, seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan layar dengan kecerahan tinggi dapat mengkonsumsi daya baterai dengan cepat jika dibiarkan aktif tanpa alasan yang diperlukan. Itulah kenapa baterai hp cepat habis padahal baru dicas.

Berikut ini cara menjaga baterai agar awet:

  • Level pengisian baterai saat pengisian dimulai. Cobalah untuk mengisi ulang baterai ketika mencapai sekitar 20-30%. 
  • Hindari mengisi ulang baterai hingga 100% kecuali jika diperlukan.
  • Manfaatkan fitur pengingat pengisian baterai untuk membantu menjaga tingkat pengisian yang optimal.
  • Matikan Fitur Tidak Perlu

Bagaimana cara menonaktifkan fitur yang tidak sedang digunakan:

  • Matikan fitur yang tidak diperlukan melalui menu pengaturan.
  • Manfaatkan mode hemat daya jika tersedia untuk mematikan beberapa fitur secara otomatis ketika baterai mulai menipis.

Tips Mengoptimalkan Pengaturan untuk Menghemat Baterai

Ada beberapa cara untuk menghemat baterai HP, cara-cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk penghematan baterai yang tahan lama.

  • Kurangi kecerahan layar saat tidak diperlukan.
  • Nonaktifkan notifikasi yang tidak penting.
  • Matikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi yang tidak digunakan.

Tips diatas adalah pencegahan agar baterai kita tetap awet dan tidak kembung. Lantas bagaimana jika baterai kita kembung?

Tidak ada cara untuk mengempiskan baterai hp tanam yang kembung. Hanya ada satu cara mengatasi baterai hp yang kembung yaitu dengan diganti baterai baru.


Cara Menyimpan HP yang Benar untuk Disimpan Jangka Panjang

Sebelum kamu memutuskan untuk menyimpan HP dalam jangka panjang, ada beberapa langkah persiapan yang sebaiknya kamu lakukan terhadap baterai.

Persiapan Baterai Sebelum Menyimpan HP dalam Jangka Panjang:

  • Isi Baterai Secara Sebagian: Sebaiknya, baterai tidak boleh sepenuhnya terisi atau sepenuhnya kosong saat disimpan. Isi baterai hingga sekitar 50% sebelum kamu menyimpannya. Ini dapat membantu menjaga keseimbangan kimia dalam baterai selama penyimpanan.
  • Matikan Perangkat: Pastikan HP kamu sepenuhnya dimatikan sebelum disimpan. Ini akan membantu mencegah penggunaan daya yang tidak perlu selama penyimpanan.


Tempat yang Tepat untuk Menyimpan HP yang Tidak Digunakan

Lingkungan penyimpanan juga memiliki peran penting dalam menjaga kualitas baterai. Berikut adalah beberapa tips mengenai tempat penyimpanan yang tepat:

  • Hindari Suhu Ekstrem: Jauhkan HP dari suhu ekstrem, baik panas maupun dingin. Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak baterai serta mempengaruhi kinerjanya.
  • Hindari Paparan Cahaya Matahari Langsung: Paparan sinar matahari langsung dapat memicu peningkatan suhu dan merusak baterai serta komponen lain di dalam HP.


Periode Penyimpanan yang Disarankan Sebelum Penggunaan Ulang

Jika kamu tidak berencana menggunakan HP dalam waktu yang cukup lama, ada beberapa langkah yang perlu kamu ambil:

  • Penyimpanan Rutin: Jika kamu akan menyimpan HP selama beberapa minggu hingga beberapa bulan, sebaiknya nyalakan perangkat dan isi baterainya hingga sekitar 50% setiap beberapa minggu sekali untuk menjaga keseimbangan daya.
  • Penyimpanan Jangka Panjang: Jika kamu akan menyimpan HP dalam waktu yang lebih lama, cobalah untuk menyimpannya dalam keadaan mati dan baterai sekitar 50%. Lakukan pengisian ulang hingga sekitar 50% setiap beberapa bulan.

---

Merawat baterai HP kamu dengan benar adalah kunci untuk memastikan kinerja yang optimal dan umur panjang perangkat. Dengan persiapan yang tepat sebelum penyimpanan, pemilihan tempat penyimpanan yang sesuai, serta menjalankan siklus pengisian periodik yang bijak, kamu dapat memaksimalkan masa pakai baterai HP kamu.

Semoga Bermanfaat!


Post a Comment for "Cara Merawat Baterai HP Agar Awet, Tips Praktis yang Perlu di Ketahui"