Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Autosave BSI, Kerugian autodebet Bank Syariah Indonesia
Menambahkan Widget Media Sosial di Blog
Review nabung Emas di Bank Syariah Indonesia, BSI
Cara mengenali penipuan di Tokopedia / Shopee

Cara Memperbaiki Kompor Gas Portabel yang tidak Mau Menyala

 

Tuas Kompor gas portabel


BOODS.ID - Dalam kehidupan ini, kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya makan. Setiap hari, setiap saat pasti kita membutuhkan makan untuk terus bisa hidup. Ada banyak cara agar kita bisa tetap makan, kita bisa bekerja untuk mendapatkan uang dan uangnya untuk membeli makanan. Atau kita bisa mencari sendiri di ladang, kebun atau hutan yang di sediakan alam.

Ada makanan yang langsung dimakan tanpa adanya proses pematangan terlebih dahulu, misalnya buah-buahan. Ada juga makanan yang harus melalui proses pematangan. Tapi yang paling sering kita butuhkan adalah makanan yang umumnya melalui proses pematangan terlebih dahulu, seperti daging, ikan, dan sayur-sayuran keras. Kita tidak bisa memakan makanan tersebut tanpa di masak terlebih dahulu karena berpotensi terdapat bakteri atau mikroba yang dapat mengganggu kesehatan.

Ada banyak cara untuk kita mematangkan makanan dengan sempurna. Cara yang konvensional berupa dipanaskan dengan api, direbus, dibakar, digoreng, dan lainnya dengan metode pemanas berhahan api. Sedangkan cara yang lebih modern dan maju ialah menggunakan pemanas dari listrik, tapi listrik bersifat terbatas dan tidak bisa dipindah-pindah.

Metode konvensional yang sering kita jumpai adalah berupa tungku dengan bahan bakar kayu. Metode ini paling sering di jumpai di perkampungan karena bahan bakarnya mudah didapat dan juga paling murah. Metode lainnya berupa kompor yang berbahan bakar gas, metode memasak ini paling banyak dipakai di perkotaan. Setiap rumah di perkotaan pasti memiliki kompor berbahan bakar gas LPG ini.

Turunan dari kompor gas LPG yang paling sering dipakai adalah kompor portabel, bahan bakar sama dengan kompor biasa, hanya saja mudah dipindahkan dan mudah dibawa kemana-mana. Karena  kecil dan simpel, kompor ini sudah menjadi hal yang wajib dibawa saat berkemah (Camping). Dengan membawa peralatan masak berupa kompor gas portabel, kamu bisa memasak tanpa harus mencari kayu bakar di hutan. Memang di hutan banyak kayu bakar, tapi saat musim penghujan kamu akan kesulitan mendapatkan kayu bakar karena semua basah terkena hujan.


Apakah kompor gas portabel berbahaya?

Meskipun kompor portable adalah alat yang simpel, tapi yang namanya "alat" pasti akan selalu ada kendala atau trouble. Penggunaan kompor portable yang tidak tepat dapat membahayakan orang-orang disekitarnya.

Kompor portable akan meledak jika penggunaan yang tidak tepat, misalnya menggunakan tabung gas portabel isi ulang yang berkarat, pemasangan tabung gas yang tidak tepat, atau terjadi akibat kegagalan fungsi pada kompor yang tidak kita sadari.

Penyebab ledakan kompor portabel atau kebakaran kompor lainnya yaitu tuas yang tidak bisa mengunci dengan sempurna dan adanya kebocoran halus pada tabung gas portabel.

Kendala kompor gas portable yang seperti ini sangat berbahaya karena dapat meledak dan terbakar jika tidak di reparasi.

Kalau kamu mengalami kendala dengan tuas pengunci kompor portable, jangan memaksakan tuas tersebut, apalagi digunakan untuk memasak. Karena jika tuas tidak benar-benar mengunci dengan sempurna, maka akan terjadi kebocoran gas dan dapat menyebabkan kebakaran dan ledakan.

Jadi jika kamu mengalami kendala tuas kompor portable sulit di lock, atau bisa di lock tapi tidak sempurna, jangan pernah kamu pakai untuk memasak. Ikuti cara-cara dibawah ini untuk bisa menggunakan kompor portable yang rusak bagian penguncinya.

Selain karena disfungsi pada komponen kompor portable, penggunaan yang berlebihan juga menjadi penyebab ledakan kompor portable. Kompor portable tidak di desain untuk penggunaan dalam waktu lama dalam sekali memasak. Alasannya karena, tabung gas portable berada di dalam kompor atau dekat dengan sumber panas kompor. Berbeda dengan kompor rumahan yang tabung gasnya jauh dari api atau sumber panas.

Jadi, sekiranya kompor portable sudah terlalu panas, segera matikan dan dinginkan sebentar untuk kemudian dipakai lagi jika sudah dingin. Kehati-hatian dalam menggunakan kompor portable sangat diperlukan, demi kemanan diri kita sendiri.

Bagaimana jika kompor portable tidak mau menyala?

Kompor portable tidak bisa menyala ada beberapa penyebabnya, bisa karena kita yang tidak paham cara menggunakannya atau memang karena adanya kerusakan pada komponen kompor portable tersebut. 

Selain itu tuas kompor portabel yang tidak bisa di lock juga dapat menyebabkan kompor portable tidak mau menyala.


Cara mengatasi penyebab kompor tidak bisa keluar api.

Perikasa isi gas portable.

Kemungkinan isi gas kompor portable sudah habis, jika habis silakan isi ulang gas portablenya, bisa isi ulang di pengisian gas portable terdekat. Kalau di jogja kamu bisa menghubungi isi ulang gas portable jogja.

Sebenarnya tabung gas untuk kompor portabl tidak disarankan untuk di isi ulang, hal ini untuk menghindari terjadi kerusakan pada tabung gas yang tidak kita sadari, misalnya tabung berkarat, berlubang dan sebagainya yang dapat menyebabkan kebocoran atau ledakan yang membahayakan keselamatan.

Periksa pemantik kompor.

Bisa jadi pemantik kompor portable sudah tidak perfungsi. Kamu bisa perbaiki sendiri atau bisa menghubungi tukang reparasi kompor portable terdekat. Kalau mampu memperbaiki sendiri, kamu bisa membeli alat pemantik tersebut ditempat jual kompor portable terdekat atau di marketplace.

Periksa pengunci tabung gas.

Pastikan apakah tuas sudah benar-benar terkunci atau belum, biasanya kalau pengunci belum terkunci sempurna maka gas tidak akan keluar dari tungku.

Periksa tungku kompor portable

Langkah terakhir, periksa tungku kompor gas portabel, apakah ada kotoran yang menyubat lubang keluarnya gas atau tidak. Jika ada yang menyubat maka segera bersihkan.


Bagaimana jika kompor portable sulit di lock atau dikunci?

Jika kamu menemukan kendala kompor susah di lock, yang harus kamu lakukan adalah membuka penutup tabung gas, kemudian lihat bagian dalamnya (bagian mesin) fokus ke katup.

Katup gas tersebut akan mengeras / menonjol saat dimasukkan tabung gas, inilah yang menyebabkan tuas gas tidak bisa terkunci atau kompor susah di lock. Kompor portable memang di desain demikian, saat tabung gas di masukkan dan tuas di tekan, maka katup akan mengeras karena adanya tekanan gas dari tabung gas portabel.

Sebenarnya katup tersebut akan tertutup saat tuas pengunci di tekan, namun terkadang tuas pengunci tidak dapat menekan katup yang keras tersebut karena tekanan gas yang terlalu tinggi, sehingga tuas tidak dapat mengunci dengan sempurna.

Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan bagian-bagian kompor gas portabel berikut ini seperti Knob, tuas pengunci, inlet gas, katup gas dll.

Bagian-bagian kompor gas

Agar tuas kompor portabel dapat mengunci dengan sempurna, kamu harus mengganjal katup tersebut dengan batu, kayu, besi atau apapun yang dapat menahan katup agar dapat di tekan dengan tuas saat tuas pengunci ditekan. Katup yang dimaksud seperti gambar diatas yang dilingkari.

Nah itu tips dan trik untuk mengakali kompor portabel yang tuasnya tidak dapat dikunci atau di lock. Kamu tidak perlu datang ke tempat reparasi kompor, cukup betulkan sendiri kompor kamu. Namu sekiranya kamu tidak bisa juga, lebih baik kamu datangkan tukang kompor untuk mengatasi kompor yang tidak bisa dinyalakan tersebut.

Silakan dicoba. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kompor Gas Portabel yang tidak Mau Menyala"