Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Cara Mengatasi Website yang tidak Bisa di Akses Tanpa www

website tidak bisa di buka

BOODS.ID - Blog khususnya blogger memang adalah website yang paling simpel dan paling mudah bagi seseorang yang tidak memiliki keahlian di bidang IT, khususnya web design atau dunia coding, karena kita tidak perlu repot-repot mikir hal-hal yang rumit itu.

Untuk sebuah website dengan domain pribadi alias bukan domain gratisan akan membuat terlihat menarik bagi pengunjung, hal ini lantaran blog kamu terlihat lebih profesional dan lebih meyakinkan. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara agar blog bisa memiliki domain pribadi silakan baca artikel lainya di blog ini.

Memansang domain sendiri susah-susah gampang, bagi yang beruntung akan mudah dilakukan, tapi bagi yang tidak beruntung kamu akan mengalami kesulitan. Karena fakta dilapangan untuk memasang domain sendiri ke blogger cukup ribet, butuh kesabaran dan pemahaman yang mendalam tentang dunia blogging. Banyak kasus atau permasalahan yang akan terjadi saat kamu memutuskan untuk memasang domain sendiri, baik saat akan melakukan pemasangan ataupun setelah melakukan pemasangan.

Ada beberapa kasus tentang bagaimana blog tidak bisa di akses padahal sudah tersambung dengan domain pribadi. Berdasarkan pengalaman pribadi yang awalnya domain www.boods.id menggunakan hosting berbayar kemudian di pindah ke blogger karena alasan tertentu. Proses perpindahan tidak dilakukan pemindahan file atau isi website dari hosting sebelumnya, hanya perpindahan domain saja dari hosting berbayar ke blogger. Hal ini memang lain, jika umumnya melakukan migrasi dari blogger yang ke hosting berbayar, ini justru malah sebaliknya, yaitu migrasi dari hosting pribadi ke blogger.

Semua berjalan lancar, bahkan website langsung dapat diakses dengan tampilan yang sudah berbeda dari yang sebelumnya, hanya membutuhkan beberapa menit saja. Tapi yang terjadi adalah, website justru tidak bisa dibuka dengan menggunakan www, padahal di setting dasboard blogger belum dilakukan pengalihan. Kemudian setelah dilakukan pengalihan yang terjadi selanjutnya adalah website atau blog tidak bisa di akses tanpa www. Panik dong, kok bisa? Buat kamu yang sedang bingung dan bertanya-tanya mengapa blog tidak bisa di buka silakan baca sampai selesai.

Cara Mengatasi web atau blog yang tidak bisa diakses tanpa www

Setelah kita pasang domain pribadi kita ke blogger ada beberapa setting-an yang harus kamu lakukan agar blog / website dapat diakses tanpa adanya eror. Cara memperbaiki website / blog yang tidak bisa diakses tanpa www perlu beberapa langkah yang harus kamu lakukan.

Langkah pertama, Alihkan Domain hingga WWW pada pengaturan Blogger

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengalihkan domain hingga ke alamat lengkap dengan www. Misal nama domain boods.id, setelah berhasil melakukan pemasangan domain pada blogger, situs boods.id tidak akan bisa diakses kecuali dengan menambahkan ekstensi www di depannya, seperti www.boods.id. Agar website atau blog bisa diakses tanpa www, silakan lakukan pengalihan di setting dasboard blogger seperti di bawah ini.

pengalihan website

Setelah semua sudah dialihkan, tidak serta-merta blog kamu bisa langsung di akses tanpa www, butuh proses hingga sejam atau lebih. Tapi setelah cukup lama bahkan berhari-hari tapi tidak kunjung dapat dibuka tanpa www itu bukan berarti ada masalah di setting-an.

Langkah kedua, Atur DNS di Pengaturan Domain

Jika website atau blog masih juga tidak dapat di buka tanpa www, maka kamu perlu langkah ke dua yaitu mengatur DNS pada pengaturan domain dimana kamu membelinya.

Saat-saat tertentu pihak hosting atau penyedia domain meng-upgrade sistem pada server-nya. Akibat dari update sistem tersebut berpengaruh terhadap layanan kepada penggunanya. Hal ini seperti yang di alami beberapa pengguna niagahoster, dimana pihak Niagahoster memperbarui sistemnya, yang pada akhirnya pengaturan pada DNS pengguna Niagahoster juga ikut berubah.

Lihat lagi pada pengaturan, jika A Record pada DNS tidak ada maka silakan tambahkan A Record dibawah ini.

Tambahkan A Record Blogger berikut ini pada DNS (Domain Name Server) di Pengaturan DNS domain kamu.

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

Untuk nama recordnya bisa kamu isi @ atau kosongkan (sesuaikan dengan settingan pada penyedia jasa domain kamu).

Langkah ketiga, menguji website yang tidak bisa diakses tanpa www

Setelah kedua langkah di atas sudah kamu lakukan, maka langkah berikutnya adalah melakukan uji akses website tanpa www.

Untuk menguji apakah blog sudah bisa diakses tanpa www atau tidaknya, silakan hapus chache di web browser kamu. Biasanya chache yang tersimpan di browser akan langsung mengidentifikasi website yang beberapa waktu lalu di kunjungi dan akan menampilkan data yang sama, sehingga website kamu akan selalu eror 'terlihat' saat kamu buka.

Cara lain untuk menguji apakah website bisa di akses tanpa www atau tidak yaitu dengan membuka blog / website menggunakan web browser lain di perangkat atau menggunakan perangkat yang berbeda. Jika dapat diakses itu berarti semua setting-an sudah berhasil dan hanya karena chache yang tersimpan saja.

Langkah terakhir, Hubungi Penyedia Domain.

Setelah semua rangkaian mengatasi masalah website atau blogger yang tidak bisa diakses tanpa www belum juga membuahkan hasil, maka langkah terakhir yaitu menghubungi penyedia domain.

ika semua hal-hal yang diatas tadi sudah dilakukan tapi masih belum bisa diakses tanpa www juga, maka cara satu-satunya yaitu menghubungi penyedia layanan domain dimana kamu membeli, alias minta bantuan pihak penyedia layanan domain.

Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Website yang tidak Bisa di Akses Tanpa www"