Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Cara Mengatasi Kartu Memori atau Micro SD yang tidak Terbaca

 

Cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca

BOODS.ID - Pernah gak sih kamu mengalami kegagalan fungsi pada micro SD? Atau tiba-tiba kartu memori tidak terbaca di perangkat HP kamu? Kerusakan kartu memori yang secara tiba-tiba tentu membuat kita khawatir apa lagi jika memory card kita berisi data penting.

Penulis sendiri pernah mengalami beberapa kali kejadian yang sama, beberapa kartu memori yang terpasang di HP tiba-tiba tidak di dukung atau tidak terbaca di hp. Tentu yang paling di takutkan dari kerusakan kartu memori adalah file atau data-data penting di dalamnya. Banyak foto-foto penting yang kita abadikan di HP akan hangus.

Kartu memori tiba-tiba tidak terbaca oleh Xiaomi Redmi Note 8, dengan berat hati akhirnya penulis membeli kartu memori baru dan menyimpan kartu memori lama. Setelah kurang lebih pemakaian satu bulan, ternyata kejadian serupa terjadi lagi, tiba-tiba kartu memori yang baru dibeli tidak terbaca oleh perangkat.

Biasanya micro SD rusak minta di format akan muncul notifikasi pop up di HP "Kartu memori perlu di format untuk dapat menyimpan data....." disitu tertulis pilihan "Format kartu memori".

Tentu jika kita melakukan "Format" pada kartu SD maka semua data di kartu memori akan hilang dan terhapus. Kalau sudah terhapus maka akan lebih sulit lagi mengembalikan data yang ada di Micro SD. Jika ingin mengembalikan data setelah di format kamu harus memanggil ahli di bidangnya, tentunya dengan berbayar.


Cara Memperbaiki Kartu Memori tidak Terbaca

Jika kamu sedang mengalami masalah kartu memori tidak terbaca, silakan baca artikel cara mengatasi micro SD rusak tidak terdeteksi tanpa menghilangkan file penting di kartu memori.

Selama kartu memori tidak mengalami kerusakan secara fisik, misalnya retak, terbakar dsb, kita masih bisa menyelamatkan data yang ada pada kartu memori, bahkan kita bisa menggunakan kembali Memory Card secara normal seperti sedia kala.

Cara agar kartu memori dapat digunakan kembali yaitu dengan mem-format kartu memori. Namun, sebelum kamu melakukan format pada kartu memori, silakan ikuti tips dan cara melakukan format kartu memori yang benar dibawah ini, agar kamu tidak menyesal karena kehilangan data penting.

Ciri-ciri Kartu Memori yang Perlu dilakukan Format

Sebelum kita bahas cara memperbaiki kartu sd yang rusak, ada baiknya kita rinci kerusakan kartu memori terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakan memori. Berikut ini tanda-tanda kartu memori kamu perlu dilakukan format.

  • Kartu memori tidak terbaca di perangkat, tandanya ketika kamu buka file manajer kartu memori yang terpasang tidak ada dan tidak terdeteksi.
  • Terkadang, kartu memori muncul di file manajer, tapi folder yang ada pada kartu memori tidak ada file sama sekali alias kosong. Meskipun terlihat kosong, sebenarnya masih terdapat file, itu terlihat dengan data persentase yang menunjukkan bahwa kartu memori telah terpakai sekian persen.
  • Biasanya ada pemberitahuan di jendela pop up di hape kita "Permasalahan Kartu SD, ketuk untuk pengaturan" atau pemberitahuan lain yang sejenis.
  • Semua file berupa foto dan video tidak terdeteksi atau tidak muncul di galeri.

Jika salah satu ciri-ciri diatas sedang kamu alami, jangan khawatir karena semua data penting masih bisa kamu amankan.


Cara Menyelamatkan Data pada Kartu Memori yang tidak Terdeteksi atau tidak Terbaca di HP.

Kerusakan kartu memori memang tidak bisa kita prediksi, tapi kita masih bisa mengambil file di memori yang rusak.

Bagi kamu yang mengalami kendala kartu memori tidak terbaca, begini cara mengambil file di kartu memori yang rusak agar data di kartu memori dapat di selamatkan, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan komputer PC atau laptop
  • Siapkan Card Reader. Wajib!
  • Masukkan kartu memori pada card reader.
  • Buka kartu memori tersebut melalui PC komputer.
  • Buat folder baru di komputer, boleh di data C, data D, atau data E.
  • Lakukan Backup. Copy semua folder yang ada pada kartu memori tanpa menghapus atau mengubah nama folder.
  • Paste / tempelkan pada folder yang barusan dibuat.
  • Setelah semua folder dan data ter-copy di komputer, lakukan format kartu memori dengan cara klik kanan, pilih format, dan klik OK.
  • Setelah dilakukan format, maka kartu memori akan kosong dan semua data yang ada di kartu memori akan hilang.
  • Kartu memori sudah bisa kita gunakan kembali selayaknya kartu memori baru.

Cara Mengembalikan Kartu Memori yang Rusak Seperti Semula.

Setelah melakukan format pada kartu memori kamu perlu mengembalikan data yang kamu backup tersebut ke kartu memori.

Lakukan cara berikut ini agar kartu memori kamu dapat dipergunakan seperti sebelumnya tanpa kehilangan data yang ada.

  • Setelah kartu memori kosong atau di format, silakan kembali ke folder dimana kamu menyalin / melakukan backup data.
  • Copy kembali semua folder yang kamu backup di komputer dan paste-kan di kartu memori yang barusan kamu format.
  • Jika ada file diluar folder yang memiliki ekstensi tidak jelas kamu bisa hapus, biasanya itu residu atau chace dari handphone. Hanya file diluar folder yang dihapus, semua file di dalam folder jangan dihapus satupun!
  • Setelah selesai, kamu bisa memasang kembali kartu memori di hape kamu.
  • Kartu memori kamu sudah kembali normal tanpa kehilangan data satupun. Semua file, foto dan video bisa kamu lihat atau tampil di galeri hp kamu.


Tips Agar Kita tidak Kehilangan Momen Berharga atau Foto di Galeri HP.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kehilangan file penting dalam handphone kita. Kamu bisa lakukan cara untuk menyimpan atau mencadangkan data.

  • Aktifkan backup foto dan video pada akun google. Kamu bisa mencadangkan foto dan video dengan melakukan pengaturanan di perangkat hape kamu. Dengan cara ini, setiap kamu ambil gambar atau video dengan handphone maka akan secara otomatis tersimpan di google foto. Namun backup dengan cara ini menggunakan kuota data, kamu bisa pilih pengaturan backup saat terhubung dengan Wi-Fi saja.
  • Jika file yang kamu miliki bukan berupa foto atau video, kamu bisa menyimpan file kamu di google drive. Pencadangan ini kamu lakukan manual, dengan cara mengirim file ke penyimpanan cloud google drive. Selain Google Drive, kamu juga bisa melakukan pencadangan dengan penyimpanan awan lainnya.
  • Lakukan pencadangan manual secara berkala terhadap foto, video, atau file penting lainnya ke komputer, flashdisk, atau harddisk external. Tujuan ini untuk meminimalisir kehilangan data apabila terjadi kerusakan pada perangkat HP atau kartu memori.
  • Terakhir buatlah akun media sosial sebagai penyimpan momen penting kamu, seperti instagram, facebook atau media sosial lain. Jika kamu tidak ingin semua orang dapat mengakses foto kamu, kamu bisa pilih pengaturan dengan membuat akun menjadi privat.

Nah, itu tips dan cara mengatasi kartu memori yang tidak terbaca, gampang kan? Jadi jangan bingung lagi jika tiba-tiba memory card tidak terbaca.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah diatas, maka kamu bisa menggunakan kartu memori yang rusak tersebut seperti semula tanpa harus kehilangan data yang lama.

Jangan lupa share ke teman kamu jika mengalami kegagalan permasalahan terkait kartu memori.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Mengatasi Kartu Memori atau Micro SD yang tidak Terbaca"