Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Plus Minus Buka Tabungan Autosave di BSI Mobile Bank Syariah Indonesia

 

Tabungan berjangka BSI

BOODS.ID - Saya yakin teman-teman semua sudah tidak asing lagi dengan BSI atau Bank Syariah Indonesia, Bank hasil penggabungan 3 Bank Syariah yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank BRI Syariah pada awal 2020 lalu. Bank hasil merger ini menjadikan BSI sebagai Bank Syariah terbesar di Indonesia dari segi aset maupun kapitalisasi pasar (market capitalization).


Untung atau buntung Nabung Autosave di BSI Mobile?

Sebagai pengguna BSI Mobile kita bisa melakukan pembukaan rekening tanpa harus datang langsung ke cabang. Ada beberapa layanan yang bisa kita lakukan menggunakan BSI Mobile, seperti pembukaan deposito, pembukaan rekening baru, pembukaan rekening auto save, pembukaan rekening tabungan emas, pembukaan cicil emas, dan beberapa layanan lainnya.

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman atau review tabungan autosave BSI yang dilakukan pembukaan di BSI Mobile. Sebelumnya, saya mau disclaimer dulu bahwa ini adalah murni pengalaman pribadi sebagai nasabah yang menggunakan BSI Mobile, bisa jadi akan berbeda pengalaman dengan nasabah lain.

Saya dua kali melakukan transaksi auto debet tabungan auto save BSI Mobile, yang pertama menggunakan akad Wadiah dan yang ke dua menggunakan akad Mudharobah. Dari kedua akad transaksi tersebut mana yang lebih menguntungkan?

Jawabannya adalah Wadiah!

Kenapa?

Karena nabung autosave di BSI Mobile menggunakan akad wadiah tidak ada biaya admin setiap bulan alias gratis, sedangkan jika menggunakan akad Mudharobah kita kan dipotong biaya bulanan sebesar Rp, 10.000.

Disisi lain keuntungan / bagi hasil akad Mudharobah di BSI Autosave sama sekali tidak menguntungkan, berdasarkan pengalaman pribadi, uang tabungan yang seharusya sebesar 3.000.000 dari hasil auto debet Rp, 600.000 selama 5 bulan menabung, hasil akhirnya adalah Rp, 2.871.000 alias rugi sebesar Rp, 129.000.

Jadi kesimpulannya adalah menabung Autosave atau tabungan berencana di BSI Mobile dengan akad Mudharobah adalah RUGI.

Kemudian kita bandingkan dengan tabungan berjangka di Bank Syariah Indonesia menggunakan akad yang sama (akad Mudharobah) melalui cabang. Hasilnya jauh lebih menguntungkan, dari hasil tabungan berjangka tersebut kita akan mendapatkan bagi hasil, katakanlah menabung selama 6 bulan sebesar Rp, 500.000/bulan, maka diakhir tabungan kita akan mendapat kurang lebih sebesar Rp, 3.100.000 (tergantung pendapatan BSI) atau ada tambahan dari tabungan yang kita setor tiap bulan.

Selain adanya bagi hasil, menabung tabungan berencana melalui cabang tidak ada biaya admin alias gratis!


Kendala Tabungan Autosave BSI

Selama proses menabung di auto save BSI mobile ada kendala dalam proses pendebatan, padahal saldo di rekening utama lebih daripada cukup. Kegagalan auto debet ini menjadikan tabungan autosave tidak bisa selesai secara otomatis saat jatuh tempo, karena adanya kegagalan sistem pendebetan. Jadi mau tidak mau harus datang ke cabang untuk melakukan proses penarikan dana yang sudah jatuh tempo tersebut.

Biaya tabungan autosave bsi

Biaya tabungan autosave BSI dengan akad Mudharobah sebesar 10.000, sedangkan dnegan akad Wadiah tanpa biaya.

Jika tabungan autosave bisa dilakukan di BSI Mobile, ada tabungan berjangka BSI yang dilakukan di cabang yaitu BSI Tabungan Berencada dengan ketentuan sebagai berikut:

BSI Mobile

Sumber : https://www.bankbsi.co.id/promo/bsi-tabungan-berencana

Selain biaya administrasi di Tabungan Autosave BSI ada juga biaya break tabungan autosave bsi jika kamu melakukan penarikan atau menyudahi tabungan diluar jatuh tempo yaitu sebesar 25.000.

Cara Cek Tabungan Autosave BSI

Jika kamu mau cek tabungan autosave BSI kamu bisa ke menu "Buka Tabungan", pilih "Autosave", kemudian pilih "Penutupan Autosave". Setelah itu akan muncul informasi nominal tabungan, tanggal jatuh tempo, dan lain sebagainya.

Cara membuka tabungan autosave BSI sama dengan cara diatas, hanya saja pilih menu "Pembukaan Autosave" di menu "Buka Tabungan" di Pojok kiri atas.

Cara lainnya adalah dengan klik menu di pojok kiri bawah, kemudian pilih 'Informasi Portofolio'.

Saran melalukan tabungan berjangka dengan autosave di Bank Syariah Indonesia

Dengan uraian pengalaman diatas, penulis menyarankan kamu yang ingin menabung di bank Syariah Indonesia dengan dua opsi, yaitu:

Opsi Pertama, menabung di BSI dengan datang langsung ke cabang karena itu lebih menguntungkan karena ada bagi hasil.

Opsi Kedua, jika ingin mebung autosave di BSI Mobile maka pilihlah Akad Wadiah, karena tidak ada biaya admin.

Kurang lebih begitu pengalaman menabung autosave di BSI Mobile. Ada untung rugi menabung di BSI Mobile, jadi kamu mau pilih yang mana?

Post a Comment for "Plus Minus Buka Tabungan Autosave di BSI Mobile Bank Syariah Indonesia"