Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Kipas Angin Macet dengan Mudah
Kartu by.U, kartu digital pertama Indonesia
Xiaomi Redmi Cepat rusak?
Cara Cek IMEI Bea Cukai atau Kemenperin, untuk iPhone
Cara mengembalikan foto yang terhapus

Cara Mengetahui IMEI iPhone dan Smartphone yang Diblokir oleh Kominfo

 

IMEI di blokir kominfo

BOODS.ID - Penggunaan teknologi semakin berkembang pesat saat ini, termasuk juga dalam hal penggunaan smartphone. Namun, perkembangan teknologi ini juga membawa beberapa dampak negatif, seperti peningkatan kejahatan di dunia maya dan juga penggunaan smartphone untuk tujuan yang tidak sah. 

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki upaya untuk membatasi akses dan penggunaan smartphone yang terlibat dalam aktivitas ilegal dengan memblokir nomor IMEI perangkat tersebut.


Apa Itu Nomor IMEI?

IMEI merupakan singkatan dari "International Mobile Equipment Identity". IMEI adalah nomor unik yang diberikan kepada setiap perangkat smartphone. Nomor IMEI ini berfungsi seperti sidik jari elektronik perangkat; tidak ada dua perangkat dengan nomor IMEI yang sama di seluruh dunia.

IMEI berperan penting dalam mengidentifikasi dan melacak perangkat, sehingga bisa membantu pihak berwenang dalam mengatasi aktivitas kriminal yang melibatkan smartphone.


Alasan Pemblokiran IMEI oleh Kominfo

Pemblokiran IMEI oleh Kominfo merupakan langkah penting dalam mengatur dan mengawasi perangkat seluler di Indonesia. Berikut adalah beberapa alasan mendasar mengapa Kominfo melakukan pemblokiran IMEI:

Pencegahan Perangkat Curian dan Ilegal

Salah satu alasan utama pemblokiran IMEI adalah untuk mencegah peredaran perangkat curian. Dengan mengidentifikasi dan memblokir IMEI perangkat yang dilaporkan sebagai curian, Kominfo berkontribusi dalam menekan tindakan pencurian perangkat seluler. Hal ini membantu mengurangi permintaan untuk perangkat hasil kejahatan dan melindungi konsumen dari membeli barang ilegal.

Pengendalian Perangkat Non-Sertifikasi

Kominfo juga menggunakan pemblokiran IMEI sebagai cara untuk mengendalikan perangkat yang tidak memiliki sertifikasi resmi. Perangkat seluler yang tidak melewati pengujian dan persyaratan yang ditetapkan oleh badan regulasi dapat menimbulkan masalah keselamatan dan kinerja. 

Dengan memblokir IMEI perangkat semacam itu, Kominfo melindungi konsumen dari risiko menggunakan perangkat yang tidak memenuhi standar.

Pemberantasan Perangkat Tiruan

Peredaran perangkat tiruan atau replika yang ilegal juga menjadi perhatian. Perangkat semacam itu sering kali memiliki kualitas yang buruk dan mungkin mengandung bahan berbahaya. Pemblokiran IMEI membantu mencegah perangkat-perangkat semacam ini masuk ke pasar dan mengurangi risiko bagi konsumen yang tidak tahu bahwa mereka membeli perangkat yang tidak resmi.

Melindungi Ekosistem Telekomunikasi

IMEI adalah bagian penting dari ekosistem telekomunikasi. Pemblokiran IMEI membantu melindungi jaringan seluler dan infrastruktur komunikasi dari ancaman seperti perangkat ilegal atau perangkat yang tidak sah.

Ini juga membantu menjaga kualitas layanan bagi pengguna yang menggunakan perangkat dengan IMEI yang sah.

Pengendalian Impor dan Distribusi Ilegal

Pemblokiran IMEI juga berperan dalam mengendalikan impor dan distribusi ilegal perangkat seluler. Dengan mengharuskan IMEI yang sah untuk terhubung ke jaringan, Kominfo dapat mengendalikan arus perangkat yang masuk ke dalam negeri dan memastikan bahwa hanya perangkat yang memenuhi persyaratan yang dapat digunakan di Indonesia.


Proses Pemblokiran IMEI oleh Kominfo

Proses pemblokiran IMEI oleh Kominfo dalam menjaga regulasi dan keamanan penggunaan perangkat seluler di Indonesia. Berikut tahapan utama dalam proses pemblokiran IMEI:

Pemantauan dan Identifikasi

Kominfo melakukan pemantauan terhadap perangkat seluler yang beredar di pasar. Jika ditemukan perangkat yang tidak memiliki sertifikasi resmi atau memiliki masalah legal, IMEI perangkat tersebut diidentifikasi untuk pemblokiran.

Pemberitahuan Kepada Operator

Setelah IMEI dikenali sebagai yang akan diblokir, Kominfo memberi pemberitahuan kepada operator seluler di Indonesia. Operator seluler memiliki peran kunci dalam mengimplementasikan pemblokiran ini di jaringan mereka.

Pemblokiran di Jaringan Operator

Operator seluler melakukan pemblokiran IMEI pada jaringan mereka. Ini berarti bahwa perangkat dengan IMEI yang terblokir tidak akan dapat terhubung atau menggunakan layanan dari operator tersebut.

Pengumuman Publik

Kominfo umumnya mengumumkan daftar IMEI yang diblokir kepada masyarakat. Ini dapat dilakukan melalui berbagai saluran komunikasi resmi, seperti situs web Kominfo, media massa, dan lainnya. Tujuannya adalah memberikan informasi kepada masyarakat tentang perangkat yang tidak layak digunakan.

Pelaporan dan Unblocking

Jika seseorang memiliki perangkat dengan IMEI yang diblokir, mereka dapat melapor kepada Kominfo melalui prosedur yang ditentukan. Kominfo akan memandu proses pembukaan blokir jika ada alasan sah, seperti pembelian dari sumber yang sah atau kesalahan dalam pemblokiran.

Proses Penghapusan Blokir

Jika alasan untuk pemblokiran telah diselesaikan atau dibuktikan tidak sah, Kominfo akan memberikan perintah untuk menghapus blokir IMEI. Operator seluler akan menerima perintah ini dan mengaktifkan kembali layanan pada perangkat yang bersangkutan.


Dampak pada iPhone dan Smartphone yang Diblokir

Sebagai pengguna iPhone, pasti khawatir kalau iPhone yang kita beli ternyata ilegal. Apabila iPhone ilagal apa yang harus dilakukan? Jika imei iphone terblokir apakah masih bisa digunakan?

Dibawah ini beberapa dampak utama dari iPhone yang memiliki IMEI yang terblokir:

Tidak Dapat Terhubung ke Jaringan Seluler Lokal

IMEI yang diblokir mengakibatkan perangkat iPhone tidak dapat terhubung ke jaringan seluler lokal di Indonesia. Ini berarti pengguna tidak dapat melakukan panggilan, mengirim pesan, atau menggunakan layanan data seluler.

Akses Terbatas pada Layanan Seluler dan Data

Perangkat dengan IMEI yang terblokir hanya dapat terhubung melalui koneksi Wi-Fi. Layanan seluler dan akses data menjadi terbatas, mengganggu kemampuan perangkat untuk berfungsi sepenuhnya.

Kendala dalam Penjualan Kembali

Jika kamu memiliki iPhone dengan IMEI yang terblokir dan ingin menjualnya, nilai perangkat tersebut akan jauh lebih rendah atau bahkan tidak laku. Keterbatasan fungsionalitas membuatnya kurang menarik bagi calon pembeli.

Kerugian Keuangan

Penggunaan iPhone yang diblokir tetap mengakibatkan biaya tagihan dari operator seluler, meskipun layanan seluler tidak dapat digunakan sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan kerugian keuangan bagi pemilik perangkat.

Kerugian Pengalaman Pengguna

Penggunaan iPhone yang terbatas pada koneksi Wi-Fi saja mengurangi pengalaman pengguna secara signifikan. Fitur seperti panggilan darurat, GPS, dan lainnya yang bergantung pada layanan seluler juga tidak berfungsi.

Keterbatasan Pembaruan Perangkat Lunak

Pembaruan perangkat lunak (software) yang dikeluarkan oleh Apple dapat mengandung perbaikan keamanan dan peningkatan fungsionalitas. Namun, iPhone dengan IMEI yang diblokir mungkin tidak dapat mengakses pembaruan ini dengan baik.


Cara cek imei iphone

Cara Cek IMEI iPhone atau Smartphone di Bea Cukai

Ada beberapa cara untuk kita mengetahui iPhone atau Smartphone yang kita miliki terdaftar secara resmi di Kominfo atau tidak. Berikut cara cek IMEI iPhone diblokir Kominfo.

Informasi nomor IMEI

IMEI cek adalah langkah pertama yang harus kita lakukan untuk mengetahui nomor IMEI handphone kita sebelum melakukan pengecekan legalitas iPhone.

Cara mengetahui nomor IMEI di hp / Hanphone.

Untuk mengetahui nomor IMEI iPhone atau Hanphone, silakan ikuti cara cek IMEI iPhone atau HP Android berikut ini:

Cek IMEI iPhone / Apple : Buka setting / pengaturan, klik "Umum" ---> klik "Mengenai" ---> "Nomor seri telepon" ---> kemudian klik IMEI.

Cek IMEI HP Android : Buka setting / pengaturan, klik "tentang telepon" ---> "Spesifikasi" ---> pilih "status". Semua informasi tentang telepon akan terlihat, mulai dari jaringan, nomor model, IMEI dll.

Selain cara cek IMEI diatas, kamu juga bisa cek IMEI HP kamu melalui dus / box hp yang kamu beli. Lihat IMEI di bagian bawah box / dus HP, disitu tertera nomor IMEI dan informasi mengenai perangkat.

Cara Cek IMEI Kemenperin atau Bea Cukai

Langkah kedua, cek IMEI kemenperin.go.id dengan cara kunjungi website https://imei.kemenperin.go.id kemudian masukkan nomor IMEI yang akan kita cek legalitasnya.

Setelah itu, hasilnya akan terlihat apakah smartphone kita terdaftar di Kementerian Perindustrian atau tidak. Jika hasilnya "IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin" maka sudah dipastikan HP kamu ilegal. Itulah kenapa iPhone tidak ada layanan.

Jika cek IMEI kemenperin eror, silakan kunjungi website bea cukai https://www.beacukai.go.id/cek-imei.html untuk cek IMEI.

Apabila cek IMEI di kemenperin ataupun cek IMEI bea cukai eror di situs tersebut, maka cara satu-satunya yaitu datang langsung ke kantor bea cukai terdekat.

Begitulah cara cek imei iphone terdaftar atau tidak, maka dari itu cek iPhone IMEI kamu sesegera mungkin.


Cara Membuka Blokir IMEI

Jika IMEI ke blokir, apa yang harus kita lakukan?

Ada beberapa cara untuk membuka blokir IMEI yang bisa kita lakukan, berikut cara mengatasi imei terblokir:

Datang langsung ke Kantor Bea Cukai

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mendatangi kantor bea cukai terdekat untuk mendaftarkan IMEI smartphone kamu. Jika kamu baru perjalanan dari luar negeri dan membeli iPhone / Smartphone di luar negeri langsung daftarkan saja di Kantor Bea Cukai di Bandara kedatangan kamu.

Mendaftarkan IMEI secara online

Cara daftar imei iphone tanpa ke bea cukai. Mendaftar IMEI secara online di website adalah cara paling mudah, ikuti langkah-langkah berikut :

Kunjungi https://www.beacukai.go.id/register-imei.html. Kemudian isi formulir sesuai data yang diminta, seperti No. Passport, hari kedatangan dari luar negeri, merk HP, kaspasitas Hp dll.

Setelah pengisian formulir selesai, silakan datang ke kantor Bea Cukai untuk pengecekan, persetujuan, dll.

Mendaftarkan IMEI dengan Aplikasi

Cara ini hampir sama dengan melakukan pendaftaran secara online di website, hanya saja kita harus mengunduh Aplikasi Bea Cukai Mobile di AppStore / PlayStore terlebih dahulu. Untuk langkahnya sama dengan melakukan pendaftaran melalui website.

Daftar IMEI di Operator Seluler 

Bagaimana cara daftar IMEI Indosat, Smartfien, atau operator lainnya?

Caranya sama dengan cara-cara diatas, yaitu dengan datang ke kantor bea cukai atau daftar imei sim melalui website atau aplikasi. Operator selular tidak menerima pendaftaran imei smartphone, karena operator hanya sebagai eksekutor terhadap imei yang diblokir.

Jadi untuk mendaftarkan IMEI smartphone tidak bisa melalui operator seluler, namun jika kamu pengguna Smartwatch, modern, CCTV yang menggunakan akses SIM Card, kamu bisa menghubungi operator seluler untuk dapat mengakses layanan.

Apa perlu mendaftarkan IMEI di opeator saat membeli modem dan smartwatch?

Jika kamu membeli di Indonesia, maka biasanya langsung bisa mengakses layanan tanpa perlu mendaftarkan IMEI, namun jika kamu membeli produk tersebut dari luar negeri, maka kamu perlu menghubungi operator seluler untuk mendapatkan akses SIM Card tersebut.

Cara mendaftarkan IMEI opeator bagaimana?

Kamu bisa menghubungi layanan di setiap operator (melalui call center) atau kamu bisa datang langsung ke kantor layanan operator seperti GraPARI, XL Center, Gerai Indosat dan sebagainya di kota kamu.

---

Jika kamu pengguna iPhone, maka sesegera mungkin untuk cek iPhone kamu perihal legalitasnya.

Masalah IMEI iPhone yang diblokir oleh Kominfo memiliki implikasi yang serius. Penting bagi kita semua untuk memahami apa itu IMEI, bagaimana proses pemblokiran dan langkah-langkah yang dapat diambil jika menghadapi situasi semacam ini.

Melalui pengetahuan yang tepat, kita dapat melindungi diri dari masalah yang mungkin timbul akibat perangkat dengan IMEI yang terblokir.

Bagikan informasi ini kepada orang lain agar mereka juga bisa teredukasi.

Semoga Bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Mengetahui IMEI iPhone dan Smartphone yang Diblokir oleh Kominfo"